Ingin Tahu Berapa Kali Manusia Bisa Kentut Dalam Sehari?

Normalnya berapa kali dalam sehari seseorang kentut?

Suara.Com
M. Reza Sulaiman
Ingin Tahu Berapa Kali Manusia Bisa Kentut Dalam Sehari?
Seberapa sering Anda kentut dalam sehari? (Shutterstock)

Suara.com - Ingin Tahu Berapa Kali Manusia Bisa Kentut Dalam Sehari?

Setiap manusia pasti akan kentut. Nyatanya, kentut alias flatulensi merupakan proses biologis normal yang terjadi pada setiap orang.

Kentut merupakan proses pembuangan gas berlebih dari perut, lambung, dan usus, melalui dubur. Dikutip Himedik dari Health24, Dr. Kyle Staller, ahli gastroenterologi dari Massachusetts General Hospital, mengatakan rata-rata manusia menghasilkan 1,5 liter gas per harinya.

Meski begitu, tidak ada jumlah pasti berapa kali seseorang bisa kentut dalam sehari.

Hal ini dikarenakan, jumlah gas yang keluar saat kentut bervariasi untuk setiap manusia dan sulit bagi dokter untuk memastikan angkanya.

Ada pemikiran bahwa lelaki cenderung memproduksi lebih banyak gas dibanding perempuan. Namun menurut Dr Bret Lashner, ahli gastroenterologi di Cleveland Clinic, hal tersebut ternyata hanya mitos.

"Penelitian belum menunjukkan bahwa produksi gas berkaitan dengan gender," katanya.

Dr Staller menambahkan bahwa lelaki dan perempuan pada dasarnya sama, yaitu kentut sekitar 20 kali dalam sehari dan hal itu normal.

Anda mungkin berpikir, itu terlalu banyak. Namun, kentut tidak hanya terjadi saat kita bangun, tetapi juga saat kita tidur.

Dijelaskan oleh Dr Ashkan Farhadi, ahli gastroenterologi di Orange Coast Memorial Medical Center, manusia memperoleh gas saat menghirup udara atau saat bakteri di usus mengeluarkan gas.

"Jika tubuh Anda tidak dapat menyerap atau mencerna nutrisi tertentu maka mereka akan pergi ke usus besar di mana bakteri alami yang hidup di sana akan 'berpesta' dan menghasilkan lebih banyak gas," terang Dr Staller.

Bakteri tersebut tidak berbahaya dan membantu manusia dalam mencerna makanan.

Ilustrasi bau kentut (Shutterstock).
Normalnya, manusia kentut 20 kali dalam sehari. (Shutterstock).

Beberapa orang mungkin berpikir, mengapa ia terlalu sering kentut. Pemicunya untuk setiap orang bisa saja berbeda.

Namun, Dr Staller menjelaskan, masalah yang cenderung dialami oleh banyak orang, yaitu FODMAP atau oligosakarida difermentasi, disakarida, monosakarida, dan poliol. FODMAP adalah makanan yang sulit dicerna dan biasanya menghasilkan gas yang berlebihan.

FODMAD terkandung dalam banyak makanan, bahkan yang sehat, seperti sayuran dan susu. Makanan tersebut akan dicerna oleh bakteri di usus besat sehingga menghasilkan gas yang lebih banyak.

Menurut Dr Farhadi, jika Anda kentut lebih banyak dari biasanya coba kurangi makanan yang tinggi FODMAP.

"Coba lihat apakah itu membuat perbedaan. Jika gagal, dan kentut masih memengaruhi kualitas hidup Anda, carilah bantun medis," pungkasnya. (Himedik/Vika Widiastuti)

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini