Spanyol Dinobatkan Sebagai Negara Paling Sehat Sedunia

Spanyol mengalahkan Jepang, Itali,a dan Islandia untuk meraih posisi teratas sebagai negara paling sehat sedunia.

Suara.Com
M. Reza Sulaiman | Dinda Rachmawati
Spanyol Dinobatkan Sebagai Negara Paling Sehat Sedunia
Spanyol negara paling sehat sedunia. (Shutterstock)

Suara.com - Spanyol Dinobatkan Sebagai Negara Paling Sehat Sedunia

Spanyol secara resmi dinobatkan sebagai negara paling sehat sedunia, mengalahkan negara-negara seperti Italia dan Islandia untuk meraih posisi teratas.

Dikutip dari The Independent, para peneliti melakukan studi untuk Bloomberg Healthiest Country Index yang menentukan kesehatan keseluruhan 169 negara di seluruh dunia.

Mereka menganalisis data dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), Divisi Populasi PBB, dan Bank Dunia. Penilaian dilakukan dengan mempertimbangkan faktor gaya hidup seperti penggunaan tembakau dan obesitas, dan faktor lingkungan seperti sanitasi dan akses ke air bersih.

Semua faktor ini memberikan nilai pada masing-masing negara dengan tingkat kesehatan secara keseluruhan. Setelah menimbang temuan, Bloomberg Healthiest Country Index mengonfirmasi Spanyol sebagai negara paling sehat di dunia, dengan nilai kesehatan 92,75.

Menurut data yang dikumpulkan oleh PBB, Spanyol memiliki angka harapan hidup tertinggi di antara negara-negara di Uni Eropa. Meski begitu, mereka masih berada di belakang Jepang dan Swiss ketika dinilai dalam skala global.

Dalam Bloomberg Healthiest Country Index, peringkat Spanyol diikuti oleh Italia di urutan kedua dengan tingkat kesehatan 91,59, dan Islandia di urutan ketiga dengan tingkat kesehatan 91,44.

Ilustrasi diet mediterania, salad, diet mind, makanan sehat. (Shutterstock)
Warga Spanyol banyak mengadopsi diet mediterania sebagai menu makanan sehari-hari. (Shutterstock)

Penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa mengikuti diet Mediterania, yang terdiri dari makanan seperti minyak zaitun dan ikan, dapat memiliki manfaat kesehatan, seperti pengurangan risiko kematian pada orang tua.

Penelitian yang dilakukan oleh University College London pada bulan September 2018 juga mengklaim bahwa orang yang mengikuti diet Mediterania mungkin lebih kecil untuk mengalami depresi.

Dari negara-negara lain yang dinilai untuk studi ini, Australia berada di urutan ketujuh, Kanada berada di urutan ke-16, AS berada di urutan ke-35, dan Cina berada di urutan ke-52.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini