Ternyata Ini Alasan Dokter Mengenakan Baju Biru atau Hijau Saat Operasi

Sebenarnya, dulu dokter mengenakan baju operasi putih yang menggambarkan kebersihan, lalu begini kelanjutannya.

Suara.Com
Vika Widiastuti
Ternyata Ini Alasan Dokter Mengenakan Baju Biru atau Hijau Saat Operasi
Ilustrasi Operasi (Shutterstock)

Suara.com - Tahukah Anda alasan mengapa dokter memakai baju biru atau hijau saat melakukan operasi. Sebenarnya, dulu dokter mengenakan baju operasi putih yang menggambarkan kebersihan.

Namun, menurut sebuah artikel dalam Today's Surgical Nurse edisi 1998, pada awal abad ke-20, seorang dokter yang berpengaruh menggantinya ke warna hijau.

Alasannya, karena dia pikir akan lebih mudah di mata ahli bedah. Meski demikian, tidak diketahui pasti apakah baju operasi hijau menjadi populer karena alasan tersebut.

Terlepas dari hal itu warna hijau sangat cocok untuk membantu dokter melihat dengan lebih baik di ruang operasi karena pada roda warna itu kebalikan dari warna merah. Dilansir HiMedik dari livescience yang bersumber dari Scienceline (proyek dari New York University's Science, Health and Environmental Reporting Program), berikut penjelasan lengkapnya.

Pertama, melihat warna biru atau hijau dapat menyegarkan kembali pandangan dokter tentang hal-hal merah, termasuk bagian dalam darah pasien selama operasi.

Ini karena otak menafsirkan warna yang berhubungan satu sama lain. Jika seorang ahli bedah menatap sesuatu yang merah dan merah muda, ia menjadi peka terhadapnya. Sinyal merah di otak sebenarnya memudar, yang bisa membuat lebih sulit untuk melihat nuansa tubuh manusia.

Tetapi, menurut John Werner, seorang psikolog yang mempelajari penglihatan di University of California, Davis, menyebutkan bahwa melihat sesuatu yang hijau dari waktu ke waktu dapat membuat mata seseorang lebih peka terhadap variasi warna merah.

Ilustrasi operasi. (Pixabay/TheShiv76)
Ilustrasi operasi. (Pixabay/TheShiv76)

Kedua, fokus mendalam pada merah, merah, dan merah dapat menyebabkan ilusi hijau yang mengganggu pada permukaan putih. 'Hantu-hantu hijau' yang funky ini dapat muncul jika seorang dokter mengalihkan pandangannya dari jaringan tubuh kemerahan menjadi sesuatu yang putih, seperti tirai bedah atau pakaian dokter ahli anestesi.

Ilusi hijau bagian dalam merah pasien dapat muncul di latar belakang putih. Gambar yang mengganggu akan mengikuti pandangan dokter bedah ke mana pun ia melihat, mirip dengan bintik-bintik mengambang yang kita lihat setelah kilat kamera.

Fenomena ini terjadi karena cahaya putih mengandung semua warna pelangi, termasuk merah dan hijau. Sementara jalur merah masih lelah, jadi jalur merah versus hijau di otak menandakan 'hijau'.

Namun, menurut Paola Bressan, yang meneliti ilusi visual di Universitas Padova, Italia, jika seorang dokter melihat baju operasi hijau atau biru daripada yang putih, 'hantu' yang mengganggu ini akan berbaur dan tidak menjadi gangguan.

Jadi, hijau mungkin merupakan taruhan terbaik dokter. (HiMedik.com/Dwi Citra Permatasari Sunoto)

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini