Gigi Tumbuh di Hidung, Lelaki Ini Sulit Mencium Bau

Fenomena gigi tumbuh di hidung sebelumnya juga pernah ditemukan.

Suara.Com
Vania Rossa | Firsta Nodia
Gigi Tumbuh di Hidung, Lelaki Ini Sulit Mencium Bau
Ilustrasi hidung. (Shutterstock)

Suara.com - Seorang lelaki di Denmark tiba-tiba memiliki kesulitan mencium aroma di sekitarnya. Bukan karena pilek, tapi karena ada gigi tumbuh di hidung lelaki ini.

Ya, sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal BMJ, lelaki yang tak disebutkan namanya ini mengunjungi departemen telinga, hidung, dan tenggorokan di Rumah Sakit Universitas Aarhus di Denmark setelah obat steroid untuk mengatasi hidung tersumbat tak berhasil mengembalikan fungsi indera penciumannya.

Setelah diperiksa, dokter menemukan adanya massa enamel gigi yang tertutup lendir di dinding rongga hidung lelaki tersebut. Untungnya gigi itu bisa dicabut dengan alat penjepit.

Dokter bingung mengapa hal itu terjadi dan meskipun sangat jarang, fenomena gigi dalam hidung memang pernah ditemukan. Dalam laporan kasus tersebut, dokter di Aarhus University mengatakan bahwa trauma atau infeksi di masa lalu seperti kasus bibir sumbing memang dapat mendorong gigi ke rongga hidung.

"Dalam kasus kami tidak ada penjelasan yang jelas mengapa hal itu bisa terjadi," ujar dokter dalam laporan kasus di jurnal BMJ.

Lelaki itu mengakui bahwa ia pernah mengalami patah rahang dan hidung di masa mudanya. Namun cedera itu, kata dokter, mungkin tidak menyebabkan gigi tumbuh di lubang hidungnya.

"Kemungkinan lelaki itu memiliki gigi di hidungnya dari lahir dan hanya mengalami gejala ketika daerah tersebut meradang," tambah dokter seperti dilansir dari NY Post.

Berita baiknya adalah, setelah gigi dicabut, pasien sembuh dan tidak lagi mengalami gejala. Indera penciumannya pun berhasil dipulihkan kembali.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini