Awas, Sering Gigit Es Batu Bisa Picu Gigi Sensitif

Jangan sering gigit-gigit es batu, ya.

Suara.Com
Vania Rossa | Firsta Nodia
Awas, Sering Gigit Es Batu Bisa Picu Gigi Sensitif
Ilustrasi gigit es batu. (Shutterstock)

Suara.com - Mengigit es batu atau gagang pensil merupakan kebiasaan yang sering dilakukan sebagian orang saat sedang iseng. Namun jika terlalu sering dilakukan, kebiasaan gigit es batu dan lainnya ini bisa memicu masalah gigi sensitif, lho.

Disampaikan dr. Callista Argentina Wulansari, SKG, Drg, CHt, menggigit es batu, gagang pensil atau sedotan bisa membuat gigi retak. Keretakan gigi yang ditandai dengan adanya garis di permukaan gigi itulah yang lama kelamaan bisa membuat gigi menjadi sensitif.

"Jadi ngilu karena gigi sensitif merupakan gangguan klinis yang umum terjadi, yaitu rasa nyeri yang menusuk dentin gigi yang terbuka karena terkena rangsangan suhu panas dan dingin, atau kandungan kimiawi asam dan manis pada makanan dan minuman," ujar drg. Callista dalam temu media yang dihelat Sensodyne, di Jakarta, Jumat, (1/3/2019).

Ia menambahkan, gigi sensitif ini bukan bawaan lahir. Artinya setiap orang awalnya memiliki gigi normal namun bisa berubah seiring dengan kebiasaan yang dilakukan setiap hari. Selain menggigit es batu, kebiasaan lain yang memicu gigi sensitif adalah langsung menyikat gigi usai mengonsumsi makanan atau minuman yang bersifat asam.

"Abis minum asam jangan langsung sikat gigi, biarkan permukaan gigi melunak. Lalu tunggu 30 menit atau satu jam untuk menyikat gigi. Tujuannya agar mineral gigi tidak terbuang dan memicu gigi sensitif," imbuh dia.

Meski demikian, tak semua kasus ngilu disebabkan karena gigi sensitif. Drg. Callista mengatakan gigi ngilu karena sensitif bersifat pendek dan tajam. Biasanya dipicu oleh makanan manis, asam, dingin atau terlalu panas. Namun jika tidak ada pemicu dan gigi tetap terasa ngilu, maka kemungkinan besar bukan karena gigi sensitif.

"Kita harus tahu gigi ngilu karena gigi sensitif atau karena ada penumpukan karang gigi. Harus ke dokter untuk menentukan penyebabnya," tandas dia.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini