Kamu Mudah Merasa Lelah? Cek Mungkin Ini Penyebabnya

Salah satunya adalah mungkin karena kamu terlalu banyak mengonsumsi gula.

Suara.Com
Vika Widiastuti
Kamu Mudah Merasa Lelah? Cek Mungkin Ini Penyebabnya
Ilustrasi lelah. [shutterstock]

Suara.com - Apakah Anda merasa mudah lelah saat melakukan rutinitas.  Padahal, saat itu Anda tidak sedang sakit dan tubuh sudah mendapat cukup energi dari makanan.

Nah, jika sering merasa seperti itu mungkin ada yang salah dengan pola hidupmu. Dirangkum HiMedik dari Everyday Health, berikut lima penyebab selalu merasa lelah.

1. Terlalu banyak makan gula

Selain makanan manis, karbohidrat olahan seperti roti tawar, nasi, keripik, dan sereal juga merupakan sumber utama gula. Jenis gula sederhana ini dicerna dengan cepat oleh tubuh dan menyebabkan penurunan kadar gula darah yang membuatmu merasa lelah.

Sebagai sara, ganti karbohidrat olahan dengan varietas gandum untuk meningkatkan energi yang tahan lama.

Makanan manis. (pixabay)
Makanan manis. (pixabay)

2. Tidak sarapan

"Melewatkan sarapan pasti dapat menyebabkan energi rendah di pagi hari. Sangat penting untuk memberi tubuh Anda bahan bakar yang baik untuk memulai hari setelah puasa yang lama," kata Johannah Sakimura, MS.

Tanpa bahan bakar ini, tubuh akan kehabisan tenaga dan membuatmu kelaparan saat makan siang.

"Cobalah untuk menggabungkan karbohidrat sehat, seperti buah, sayuran, dan biji-bijian utuh, dengan sumber protein, seperti telur, kacang-kacangan, atau susu. Karbohidrat memberi Anda dorongan awal, dan protein membantu menopang Anda hingga makan berikutnya," kata Sakimura.

Ilustrasi sarapan. (Pixabay/Pexels)
Ilustrasi sarapan. (Pixabay/Pexels)

3. Dehidrasi

Dehidrasi ringan dapat memberikan efek buruk pada tingkat energi, suasana hati, dan konsentrasi. Jadi, usahakan tubuh tetap terhidrasi.

4. Terlalu banyak duduk

Tidak hanya berbahaya bagi kesehatan, duduk terlalu lama juga memengaruhi energi utama.

Untuk mencegahnya, usahakan berdiri dan bergerak selama beberapa menit saja guna membantu darah bersirkulasi dengan baik dan meningkatkan oksigen dalam darah yang akhirnya mengirim lebih banyak oksigen ke otak dan meningkatkan kewaspadaan.

Ilustrasi duduk terlalu lama. (pixabay/rawpixel)
Ilustrasi duduk terlalu lama. (pixabay/rawpixel)

5. Kurang olahraga

Menambahkan latihan pada rutinitas harian akan memberimu dorongan energi jangka pendek. Selain itu, olahraga teratur meningkatkan kualitas tidur, yang pada akhirnya akan membuatmu merasa lebih baik.

Jadi, supaya tubuh tetap bugar dan berenergi, perhatikan kelima hal di atas ya! (HiMedik.com/Dwi Citra Permatasari Sunoto)

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini