Tiga Jus Buah Ini Bisa Atasi Sembelit, Coba Yuk!

Salah satunya adalah jus apel karena mengandung serat dan sorbitol yang tinggi sehingga dapat membantu mengatasi sembelit.

Suara.Com
Vika Widiastuti
Tiga Jus Buah Ini Bisa Atasi Sembelit, Coba Yuk!
Ilustrasi jus (Shutterstock)

Suara.com - Sebagai makanan yang kaya nutrisi, buah dan sayur memiliki beragam manfaat untuk tubuh. Salah satunya, yaitu untuk mengatasi sembelit

Buah dan sayuran merupakan makanan sehat yang kaya nutrisi, air, dan serat. Berkat kandungannya tersebut, buah dan sayuran dapat membantu mengatasi sembelit.

Sembelit terjadi ketika seseorang mengalami susah buang air besar, setidaknya kurang dari tiga kali dalam seminggu.

Kotoran yang tertinggal di saluran pencernaan akan mengeras seiring waktu, sehingga sulit dan terkadang menyakitkan untuk keluar.

Maka dari itu, perlu perubahan pola makan dan gaya hidup untuk menghilangkan gejala. Salah satunya dengan mengonsumsi buah, sayuran, atau jus dari keduanya.

Jus yang terbuat dari buah-buahan dan sayuran mengandung serat makanan dan sorbitol, yang keduanya membantu mengatur pergerakan usus.

Jus juga mengandung banyak air, yang dapat membantu melunakkan feses yang keras serta menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Dirangkum HiMedik dari Medical News Today, berikut tiga jus buah yang mengandung serat, sorbitol, dan air, yang dapat membantu meringankan sembelit.

1. Jus plum

Buah plum. (pixabay/_Alicja_)
Buah plum. (pixabay/_Alicja_)

Plum atau prem kering terkenal karena efek pencahar pada tubuh. Sebuah studi peninjauan tahun 2014 melaporkan bahwa makan 100 gram plum per hari meningkatkan seberapa sering orang memproduksi feses, serta konsistensi feses, dibandingkan dengan psyllium, pencahar yang mengandung serat larut dalam OTC.

Sebenarnya buah plum kaya akan serat, tetapi banyak yang hilang saat proses pembuatan jus. Sebaliknya, jus plum bertindak sebagai pencahar karena mengandung sorbitol, magnesium, dan kalium, yang semuanya meningkatkan fungsi usus.

2. Jus lemon

Lemon kaya akan vitamin C, antioksidan yang menarik air ke dalam usus. Sehingga jika kadar air di dalam usus meningkat dapat membantu melunakkan feses dan merangsang buang air besar.

Lemon. (pixabay/MiraCosic)
Lemon. (pixabay/MiraCosic)

3. Jus apel

Apel mengandung serat dan sorbitol yang tinggi sehingga dapat membantu mengatasi sembelit. Menurut Departemen Pertanian A.S., satu apel medium mengandung 4,4 gram serat dan 18,91 gram gula.

Apel juga mengandung vitamin C, kalsium, dan vitamin A, dan pektin, serat larut air yang dapat meningkatkan pergerakan usus.

Sayangnya, jus apel mengandung fruktosa dalam jumlah yang relatif tinggi dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Sehingga, jika ususmu sensitif, minum jus apel dalam jumlah besar dapat menyebabkan ketidaknyamanan pencernaan. (HiMedik.com/Dwi Citra Permatasari Sunoto)

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini