Selain Kentang, Ini 4 Makanan yang Tak Boleh Disimpan di Kulkas, Cek Yuk!

Ada makanan tertentu yang benar-benar kehilangan kesegaran jika disimpan di kulkas.

Suara.Com
Vika Widiastuti
Selain Kentang, Ini 4 Makanan yang Tak Boleh Disimpan di Kulkas, Cek Yuk!
Menyimpan makanan dalam kulkas. (Shutterstock)

Suara.com - Mayoritas orang menyimpan makanan di kulkas untuk mengawetkannya dan membuatnya tetap segar. Namun, tak semua makanan boleh disimpan di kulkas, lo!

Ada makanan tertentu yang benar-benar kehilangan kesegaran jika disimpan di kulkas karena suhu dingin mengurangi rasa atau mengubah teksturnya.

Dirangkum HiMedik dari laman hhdresearch.org, berikut lima makanan yang sebaiknya tidak disimpan di kulkas.

1. Kentang

Alih-alih kulkas, kentang sebaiknya disimpan di tempat yang sejuk dan gelap. Ini karena suhu dingin akan memecah pati dalam kentang, menyebabkan tekstur pasir yang tidak enak untuk dimakan.

Pati juga mulai berubah menjadi gula di lemari es, yang semakin memengaruhi rasanya.

Kentang - (Pixabay/Couleur)
Kentang - (Pixabay/Couleur)

2. Bawang

Bawang akan lebih cepat rusak di lemari es daripada di meja. Mereka akan menjadi lapuk dan lembek. Tempat terbaik untuk menyimpannya adalah pada suhu kamar, tetapi jauhkan dari sinar matahari langsung.

Namun, setelah bawang dikupas dan dipotong, letakkan di dalam kantung yang bisa ditutup dan simpan di dalam laci sayur.

Begitu pula dengan bawang putih. Bumbu dapur ini cenderung kehilangan rasanya ketika disimpan di lemari es. Simpan dalam wadah yang sejuk, kering dengan ventilasi.

3. Melon

Kelurga melon seperti blewah dan semangka, rasanya paling enak bila disimpan pada suhu kamar. Bahkan menurut beberapa penelitian, mendinginkan melon akan menurunkan kandungan antioksidannya lebih cepat.

Jadi, memakannya pada suhu kamar adalah pilihan tepat karena juga membuat buah itu lebih sehat.

Buah Melon. (pixabay)
Buah Melon. (pixabay)

4. Madu

Madu akan mengkristal ketika disimpan di lemari es. Teksturnya akan menjadi kasar dan hampir padat.

Padahal madu bisa digunakan untuk waktu yang sangat lama asalkan disimpan pada suhu kamar. Jadi, tidak perlu disimpan di kulkas ya.

5. Roti

Hingga saat ini masih banyak orang yang menyimpan roti (terutama roti tawar) dalam lemari es untuk mencegah pertumbuhan jamur.

Hal itu memang cukup membantu, tapi memasukkan roti dalam kulkas juga membuat teksturnya menjadi kering. Jadi, cukup simpan di dapur saja ya supaya teksturnya tidak berubah.

Nah, itulah lima makanan yang sebaiknya tidak disimpan dalam kulkas. Semoga bermanfaat! (HiMedik.com/Dwi Citra Permatasari Sunoto)

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini