Sering Susah Bernapas, Ternyata Ada Gigi Tumbuh di Hidung

Lelaki ini susah bernapas karena ada gigi tumbuh di dalam hidungnya. Hii!

Suara.Com
M. Reza Sulaiman
Sering Susah Bernapas, Ternyata Ada Gigi Tumbuh di Hidung
Apa rasanya jika ada gigi tumbuh di dalam hidung? (Shutterstock)

Suara.com - Sering Susah Bernapas, Ternyata Ada Gigi Tumbuh di Hidung

Penyebab susah bernapas cukup beragam. Pilek, hidung tersumbat, hingga alergi bisa jadi penyebab seseorang susah bernapas.

Namun apa yang dialami lelaki asal Denmark ini cukup mengagetkan dan tak biasa. Pasalnya, lelaki tersebut susah bernapas karena ada gigi tumbuh di dalam hidungnya. Hii!

Dikutip Himedik dari Live Science, selama dua tahun lelaki berusia 59 tahun ini merasakan bahwa cuping hidung kirinya terasa pengap, basah, dan kehilangan kemampuan mencium bau.

Diagnosis bermula ketika ia periksa ke poli THT Aarhus University Hospital di Denmark. Di sana, hasil CT scan mengungkap adanya gumpalan yang tertutup lendir di rongga hidung bawahnya.

Lelaki itu lantas segera menjalani operasi untuk menghilangkan benjolan misterius itu. Pemeriksaan kemudian menunjukkan ternyata ada gigi yang 'tersesat' dan tertutup jaringan hidung yang meradang.

Untuk mencabut gigi yang tumbuh di hidung pasiennya, dokter menggunakan forsep, seperti yang dilaporkan dalam jurnal BMJ Case Reports.

Tak begitu jelas mengapa pasien ini mengalami kejanggalan di hidungnya, yang sangat jarang terjadi. Terkadang, gigi dapat tumbuh di hidung seseorang karena trauma atau infeksi yang memengaruhi kedua area tersebut.

Ilustrasi operasi hidung. [Shutterstock]
Operasi dilakukan untuk mengeluarkan gigi tumbuh di hidung. [Ilustrasi/Shutterstock]

Para penulis laporan ilmiah kasus ini menuliskan, masalah perkembangan seperti bibir sumbing atau langit-langit mulut sumbing juga dapat menyebabkan gigi yang tidak sehat tumbuh di hidung.

"Dalam kasus kami, tidak ada penjelasan yang jelas," tulis para dokter.

Pasien ini disebutkan telah mengalami trauma wajah di masa mudanya (rahang dan hidungnya retak), tetapi para dokter mengatakan, cedera ini tampaknya bukan penyebab gigi tumbuh di hidungnya.

Mereka menduga, gigi pria itu sudah ada sejak ia lahir, tetapi berbagai macam gejala baru ia alami ketika area tersebut meradang. (Himedik/Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana)

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini