Perhatikan: Jangan Abaikan Gejala Penyakit Autoimun Berikut!

Kesemutan tangan dan kaki, bintik di gigi, tak tahan sinar matahari, mungkin gejala autoimun.

Suara.Com
RR Ukirsari Manggalani | Firsta Nodia
Perhatikan: Jangan Abaikan Gejala Penyakit Autoimun Berikut!
Ilustrasi pemeriksaan gigi. Sebagai ilustrasi autoimun jenis celiac [Shutterstock].

Suara.com - Minggu sore (3/3/2019),  ibu dari artis Mikha Tambayong meninggal dunia. Pihak keluarga menyebut bahwa penyebab meninggalnya Deva Sheila Tambayong, karena penyakit autoimun yang dideritanya.

Penyakit autoimun sendiri memang sulit didiagnosis. Biasanya pasien baru mengetahui dirinya terserang penyakit autoimun setelah mengalaminya bertahun-tahun. Pasalnya, gejala dari penyakit autoimun kerap menyerupai penyakit lainnya.

Dilansir dari laman Medical Daily, jenis penyakit autoimun cukup banyak, antara lain, hashimoto, penyakit graves, rheumatoid arthritis, diabetes tipe 1, lupus, psoriasis, multiple sclerosis, penyakit sjogren, celiac dan banyak lagi.

Pada autoimun, sistem kekebalan tubuh yang seharusnya melindungi diri dari berbagai penyakit justru berbalik menyerang tubuh dan menimbulkan berbagai gejala tergantung bagian organ mana yang diserang.

Para ahli mengatakan bahwa adanya bintik-bintik tidak berwarna pada gigi mungkin merupakan tanda penyakit autoimun jenis celiac. Gangguan autoimun ini mempengaruhi 1 dari 100 orang di seluruh dunia. Prevalensinya yang kecil membuat penyakit ini kurang diwaspadai oleh masyarakat.

Penyakit ini menyebabkan reaksi kekebalan terhadap gluten, protein yang ditemukan dalam gandum, dan merusak struktur pencernaan di usus kecil. Penyakit ini juga bisa memengaruhi tubuh dalam menyerap nutrisi penting, seperti kalsium.

"Untuk beberapa orang dengan penyakit celiac, kunjungan ke dokter gigi bisa lebih cepat menjadi langkah deteksi dini daripada kunjungan ke dokter gastroenterologis," kata Institut Nasional Diabetes, Penyakit Pencernaan dan Ginjal.

Penyakit autoimun diketahui luas dan rumit didagnosis karena beberapa gejala cenderung bervariasi. Bahkan seorang pasien membutuhkan rata-rata lima hingga enam dokter selama lima tahun untuk mendapatkan diagnosis autoimun.

Untuk membantu mendeteksinya lebih dini, berikut 10 tanda umum penyakit autoimun yang harus Anda ketahui:

1. Bercak putih di kulit atau di dalam mulut
2. Ada ruam berbentuk kupu-kupu di hidung dan pipi
3. Ruam atau gatal-gatal
4. Tak tahan terhadap sinar matahari
5. Kulit lebih sensitif
6. Mata
7. Kering di mulut atau kulit
8. Mengalami rasa kesemutan di tangan atau kaki
9. Berat badan menurun
10. Insomnia

Jika salah satu atau lebih gejala di atas Anda derita segera kunjungi dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat. Satu yang mesti diingat, didiagnosis penyakit autoimun bukanlah vonis kematian. Penderita bisa bertahan hidup dan menjalani kehidupan secara normal, jika mendapatkan pengobatan yang tepat dan teratur.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini