Lebih Sehat Mana Susu Hangat atau Dingin?

Susu dingin memberi manfaat lebih jika dikonsumsi di pagi hari.

Suara.Com
Ade Indra Kusuma | Firsta Nodia
Lebih Sehat Mana Susu Hangat atau Dingin?
Ilustrasi minum susu. (shutterstock)

Suara.com - Lebih Sehat Mana Susu Hangat atau Dingin?

Susu umumnya disajikan dalam kondisi hangat. Namun ada pula jenis susu yang harus disimpan dalam suhu dingin agar bakteri tidak berkembang. Nah lalu mana jenis susu yang lebih baik bagi tubuh? Hangat atau dingin?

Dilansir dari laman TimesofIndia, salah satu alasan mengapa banyak orang merekomendasikan minum susu dingin adalah karena susu telah melewati proses pasteurisasi sebelum Anda mengonsumsinya.

Susu dingin juga dikemas dengan mikro-nutrisi dan elektrolit penting yang membuat Anda berenergi dan aktif sepanjang hari.

Tapi, perlu diingat, susu dingin memberi manfaat lebih jika dikonsumsi di pagi hari. Sebaliknya pada malam hari hindari minum susu dingin karena dapat menimbulkan masalah pencernaan dan menyebabkan ketidaknyamanan.

Nah alasan lain mengapa Anda harus minum susu dingin adalah karena penelitian telah membuktikan bahwa susu dingin benar-benar dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Ya, jika Anda menghindari susu hanya karena dapat menambah kenaikan berat badan, maka Anda salah besar.

Kalsium dalam susu dingin justru dapat membantu meningkatkan metabolisme Anda yang dengan demikian dapat membakar kalori lebih cepat. Susu dingin juga bisa menggantikan kebiasaan mengonsumsi camilan sehingga Anda merasa lebih kenyang dan terhidar dari rasa lapar.

Ilustrasi susu cokelat. (Shutterstock)
Ilustrasi susu cokelat. (Shutterstock)

Namun Anda harus berhati-hati saat akan mengonsumsi susu dingin di musim dingin atau saat pergantian musim, karena dapat memicu infeksi pilek dan flu.

Meski susu hangat sama bermanfaatnya dengan susu dingin, Anda harus memilih susu tergantung pada kondisi cuaca dan toleransi tubuh Anda sendiri terhadap suhu makanan. Pada saat yang sama, susu hangat bisa menjadi pilihan yang tepat ketika Anda ingin menambahkan sesuatu ke dalamnya, seperti protein atau bubuk malt karena lebih mudah larut dengan cara itu.

Susu hangat bisa Anda pilih jika merasa sulit untuk tidur nyenyak di malam hari karena dapat membantu tidur lebih baik. Alasannya susu mengandung melatonin dan asam amino yang menyebabkan tidur dan menjadi lebih aktif ketika Anda memanaskannya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini