Amankah Cuci Tangan Pakai Sabun Cuci Piring? Ini Kata Dokter

Ketika membeli sabun cuci tangan, Dr. Papantoniou merekomendasikan untuk menghindari sabun antibakteri.

Suara.Com
Vika Widiastuti | Yuliana Sere
Amankah Cuci Tangan Pakai Sabun Cuci Piring? Ini Kata Dokter
Ilustrasi cuci tangan. (Shutterstock)

Suara.com - Sabun cuci piring tak jarang digunakan untuk mencuci tangan sebelum makan atau setelah selesai dari kamar mandi.

Namun, apakah sebenarnya aman cuci tangan menggunakan sabun cuci piring? Beberapa orang beranggapan sabun ini aman untuk dikulit.

Kally Papantoniou, dokter kulit dari New York menyampaikan pendapatnya, seperti dilansir HiMedik dari Reader's Digest.

"Hanya karena sabun diiklankan untuk mencuci piring, tidak berarti sabun tidak dapat membersihkan tanganmu.

'Mencuci secara teratur dengan cairan pencuci piring bisa menghilangkan sebagian besar bakteri. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

'Jika kamu teratur mencuci tangan dengan sabun cuci piring, pilihlah cairan piring yang 'lebih ringan' agar bisa lebih cepat kering dan tidak lengket di tangan," tuturnya.

mencuci tangan (pinterest)
Mencuci tangan (Pinterest)

Ia juga menambahkan, "Jika kamu memiliki kulit kering atau eksim berhati-hatilah soal ini. Cobalah untuk menggunakan sabun tangan yang lebih lembut," jelasnya.

Meskipun tidak masalah untuk mencuci tangan dengan sabun cuci piring, ini juga tidak berarti kamu bisa menggunakannya sebagai pengganti sabun mandi.

"Menggunakan sabun cuci piring di seluruh tubuh kemungkinan akan terlalu keras untuk kulit dan membuat kulit kering," kata Papantoniou.

Ketika kamu pergi membeli sabun tangan, Dr. Papantoniou merekomendasikan untuk menghindari sabun tangan antibakteri.

"Bahan kimia beracun dapat hadir dalam sabun-sabun itu dan dapat menimbulkan risiko kesehatan yang potensial, dan kedua, keseimbangan bakteri pada kulit kita sebenarnya bermanfaat dan harus dijaga."

“Untuk pasien kulit sensitif, saya sarankan penggunaan pembersih yang lebih ringan ini agar kulit tidak kering, tutupnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini