Ini Jenis Permainan yang Cocok untuk Generasi Alfa

Generasi alfa adalah generasi anak-anak kita yang sudah terpapar teknologi bahkan sejak masih di dalam kandungan.

Suara.Com
Vania Rossa | Dinda Rachmawati
Ini Jenis Permainan yang Cocok untuk Generasi Alfa
Permainan untuk generasi alfa. (Suara.com/Dinda Rachmawati)

Suara.com - Generasi alfa kerap disebut sebagai generasi paling pintar. Ini karena sejak dilahirkan, mereka sudah terpapar teknologi seperti internet atau gadget. Itu sebabnya, tak mudah menjadi orangtua dari generasi alfa, yaitu generasi anak-anak kita sekarang.

Hal inilah yang membuat orangtua harus lebih mempersiapkan diri, agar pengaruh teknologi yang sedemikian besarnya tak berdampak negatif untuk tumbuh kembang buah hati mereka.

Salah satu yang bisa dilakukan, menurut psikolog pendidikan dan pendiri Rumah Dandelion, Binky Paramitha, adalah memperkenalkan anak dengan permainan imajinatif sedini mungkin.

"Permainan imajinatif biasanya mulai muncul di usia 18 bulan, semakin kompleks dan sering dilakukan saat anak berusia 3 tahun. Anak akan mengembangkan ketertarikan pada dunia orang dewasa dan ingin menjadi bagian dari dunia tersebut," jelas dia dalam acara bertajuk "The Power of Play" bersama brand mainan edukatif, Early Learning Centre (ELC), di Jakarta, Rabu (6/3/2019).

Lebih lanjut, Binky mengatakan, ada beberapa langkah yang bisa orangtua lakukan saat mulai mengenalkan permainan imajinatif pada anak, misalnya dengan banyak bercerita. Orangtua bisa mulai membacakan buku, dongeng, atau bahkan menceritakan kisah yang pernah dialami orangtua sewaktu kecil yang tujuannya agar anak bisa membayangkan.

"Selanjutnya yang paling penting adalah mendampingi anak ketika bermain, khususnya permainan imajinatif. Ketika didampingi, manfaatnya akan lebih meningkat lagi, karena ada peran kita. Mereka bisa lebih mengeksplor dan kita tinggal mengarahkan," ujar dia.

Selain itu, tentunya orang tua dapat memfasilitasi perlengkapan yang menunjang. Seperti, saat anak sedang berimajinasi menjadi ibu yang memasak, ada mainan masak-masakan untuk dia bermain, atau saat anak sedang bermain menjadi seorang rock star, ada piano dan mic mainan untuknya bermain. Nah, sudah siap menemani si generasi alfa bermain?

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini