Manfaat Jahe untuk Penderita Asam Lambung, Bisa Dicampur pada Makanan

Bisakah bahan alami jahe menjadi obat alternatif selain obat medis untuk asam lambung?

Suara.Com
Silfa Humairah Utami
Manfaat Jahe untuk Penderita Asam Lambung, Bisa Dicampur pada Makanan
Ilustrasi Jahe bisa dicampur pada makanan sebagai obat untuk asam lambung. (pixabay)

Suara.com - Manfaat Jahe untuk Penderita Asam Lambung, Bisa Dicampur pada Makanan.

Masalah asam lambung yang naik membuat perut terasa mulas, bahkan sampai merasakan sensasi terbakar di dada (heartburn), tentu sangat mengganggu aktifitas dan kualitas daya tahan tubuh.

Anda harus mendapatkan pertolongan obat medis, dan memanfaatkan bahan alami untuk mengatasi asam lambung naik, yaitu dengan jahe tidak ada salahnya juga dicoba.

Dilansir dari Healthline, senyawa fenolat pada jahe diyakini dapat meredakan iritasi pada saluran cerna dan mengurangi kontraksi lambung. Ini dapat mengurangi risiko zat asam dari lambung bergerak naik ke kerongkongan. Dengan kata lain, kemungkinan refluks asam lambung bisa dihindari dengan konsumsi jahe dilansir Hello Sehat.

Selain itu, tanaman herbal yang satu ini juga memiliki sifat antiradang yang baik untuk tubuh. Hal ini telah dibuktikan oleh para ahli melalui sebuah studi dalam jurnal Cancer Prevention Research tahun 2011 silam.

Para ahli menemukan bahwa gejala peradangan dalam tubuh jadi berkurang setelah mengonsumsi suplemen jahe selama satu bulan. Ini karena sensasi hangat dari jahe dapat membantu menenangkan tubuh sekaligus mengurangi produksi asam lambung. Tanaman herbal yang satu ini juga dapat mengurangi mual, mencegah nyeri otot, dan mengurangi pembengkakan pada tubuh.

Meskipun manfaat jahe sebagai obat asam lambung alami telah dibuktikan, para ahli masih membutuhkan analisa dan penelitian lebih lanjut. Mereka masih belum tahu pasti seberapa lama efek jahe dalam mencegah refluks asam lambung.

Untuk memanfaatkan jahe sebagai obat asam lambung alami, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan. Anda bisa langsung makan jahe mentah-mentah, membuat teh jahe, atau mencampurkannya ke dalam sup atau masakan lainnya dilansir Medical News Today.

Meski khasiatnya menggiurkan, ini bukan berarti Anda boleh menggunakan jahe dalam jumlah banyak sekaligus, ya! Alih-alih meredakan gejala penyakit asam lambung, terlalu banyak konsumsi jahe justru bisa bikin perut semakin perih.

Sebagai langkah awal, gunakan sekitar 4 gram jahe untuk membuat secangkir air jahe yang menghangatkan. Coba dulu sedikit demi sedikit dan rasakan perubahannya dalam tubuh Anda.

Jika perut Anda terasa baik-baik saja alias tidak mulas, maka Anda boleh membuat teh jahe secara rutin untuk mengatasi asam lambung naik. Sebaliknya, segera hentikan penggunaannya jika perut Anda terasa perih dan mulas.

Sebelum mencoba konsumsi jahe sebagai obat asam lambung alami, ada baiknya konsultasikan dulu ke dokter. Walaupun dalam hal ini manfaat jahe sudah tidak diragukan lagi, ada beberapa efek samping jahe yang perlu Anda perhatikan.

Pada sebagian orang, konsumsi jahe bisa memicu efek samping berupa perut kembung dan sendawa. Bahkan, sensasi panas dari jahe tak jarang membuat perut terasa sedikit mulas dan memperparah asam lambung naik. Apalagi kalau jumlah jahe yang digunakan terlalu banyak, yaitu lebih dari 4 gram.

Dokter akan melihat kondisi kesehatan Anda terlebih dahulu, apakah lambung Anda kuat menerima asupan jahe atau tidak. Jika masalah asam lambung Anda tergolong parah, dokter mungkin akan meresepkan obat asam lambung medis yang lebih aman untuk Anda.

Jadi perhatikan takaran bahan alami  jahe yang dikonsumsi untuk atasi asam lambung yang Anda derita dengan konsultasi juga dengan dokter. 

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini