Ini Alasan Pasien Hipertensi Rawan Kena Gagal Ginjal

Kondisi tekanan darah yang tak terkontrol dapat berujung pada gagal ginjal.

Suara.Com
Ade Indra Kusuma | Firsta Nodia
Ini Alasan Pasien Hipertensi Rawan Kena Gagal Ginjal
Ilustrasi gagal ginjal [shutterstock]

Suara.com - Ini Alasan Pasien Hipertensi Rawan Kena Gagal Ginjal

Gagal ginjal umumnya terjadi karena faktor penyakit penyerta seperti hipertensi hingga diabetes.

Namun, tak sedikit pasien hipertensi yang menganggap gagal ginjal dikaitkan karena konsumsi obat-obatan penurun tekanan darah. Benarkah demikian?

Disampaikan dokter spesialis penyakit dalam Tunggul D. Situmorang, SpPD KGH, bukan obat hipertensi yang memicu gagal ginjal. Menurutnya kondisi tekanan darah yang tak terkontrol yang dapat berujung pada gagal ginjal.

Lebih lanjut ia menjelaskan, tingginya tekanan darah mengakibat pembuluh darah dalam ginjal tertekan dan mengakibatkan pembuluh rusak. Hipertensi menghambat proses penyaringan dalam ginjal bekerja dengan baik.

"Kondisi ini merusak ginjal dengan menekan pembuluh darah kecil dalam organ tersebut. Akibatnya fungsi ginjal menurun hingga mengalami gagal ginjal," ujar dr Tunggul, Jumat (8/3/2019).

Gangguan fungsi ginjal akibat hipertensi sendiri bisa berupa penyakit ginjal akut, ginjal kronis dan gagal ginjal dimana ginjal sudah tidak dapat lagi menjalankan sebagian atau seluruh fungsinya. Hipertensi bahkan menjadi salah satu faktor risiko meningkatnya kematian pada pada pasien hemodialisis.

"Dengan mengonsumsi obat anti hipertensi maka tekanan darah tinggi dapat dikontrol. Hal ini justru melindungi fungsi ginjal, bukan merusaknya," tandas dia. 

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini