Cara Mudah Kontrol Tekanan Darah: Rutin Tidur Siang

Menurut penelitian, orang yang rajin tidur siang dan menikmatinya, memiliki tekanan darah yang tetap terkontrol. Kok bisa?

Suara.Com
M. Reza Sulaiman | Firsta Nodia
Cara Mudah Kontrol Tekanan Darah: Rutin Tidur Siang
Ingin gula darah terkontrol, jangan lupa tidur siang. (Shutterstock)

Suara.com - Cara Mudah Kontrol Tekanan Darah: Rutin Tidur Siang

Tidur siang ternyata memiliki khasiat yang sama dengan obat dalam menurunkan tekanan darah. Menurut penelitian, orang yang rajin tidur siang dan menikmatinya, memiliki tekanan darah yang tetap terkontrol.

Menurut pedoman American Heart Association, pembacaan tekanan darah sistolik normal harus kurang dari 120 mm Hg dan pembacaan tekanan darah diastolik normal harus kurang dari 80 mm Hg. Artinya angka tekanan darah kurang dari 120/80 mm Hg dianggap dalam kisaran ideal.

Dikutip dari NY Post, dalam sebuah uji coba yang melibatkan 212 orang dengan usia rata-rata 62 tahun, para peneliti Yunani menemukan bahwa tidur siang setiap hari selama 49 menit menurunkan angka tekanan darah sistolik sebesar 5 mm Hg.

Para peneliti mengatakan ini adalah penurunan yang serupa dengan yang dialami pasien setelah minum pil tekanan darah dosis rendah.

"Tidur siang hari tampaknya menurunkan tingkat tekanan darah pada besaran yang sama dengan perubahan gaya hidup lainnya. Berdasarkan temuan kami, jika seseorang memiliki kemudahan untuk tidur siang di siang hari, maka hal itu sangat berpengaruh untuk menurunkan risiko tekanan darah tinggi," kata ketua peneliti studi Dr Manolis Kallistratos dari Asklepieion General Hospital.

Ilustrasi tidur siang di kantor. (Shutterstock)
Ilustrasi tidur siang di kantor. (Shutterstock)

Tetapi Sonya Babu-Narayan, direktur medis asosiasi di British Heart Foundation, mengatakan pasien harus mempertimbangkan perubahan gaya hidup lainnya terlebih dahulu.

"Tidur yang cukup bagus untuk kesehatan jantung dan peredaran darah secara umum, tetapi ada bukti bagus untuk menunjukkan pilihan gaya hidup sehat, seperti mengurangi asupan garam dan alkohol, mempertahankan berat badan yang sehat, dan berolahraga secara teratur sebagai cara terbaik untuk menjaga tekanan darah," ujar Sonya.

Tekanan darah tinggi sendiri dikenal sebagai pembunuh diam-diam karena gejalanya sering tidak diketahui dan terlambat ditangani. Bahkan tekanan darah tinggi adalah pemicu terbesar untuk penyakit jantung dan stroke.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini