Waduh, Dokter Keluarkan Puluhan Benda Logam dari Perut Lelaki

Di India, dokter harus keluarkan 40 benda logam dari perut seorang lelaki.

Suara.Com
M. Reza Sulaiman
Waduh, Dokter Keluarkan Puluhan Benda Logam dari Perut Lelaki
Sakit perut, ternyata ada benda logam. (Shutterstock)

Suara.com - Waduh, Dokter Keluarkan Puluhan Benda Logam dari Perut Lelaki

Apa jadinya jika perut Anda diisi oleh kunci, koin, hingga magnet? Di India, dokter harus keluarkan 40 benda logam dari perut seorang lelaki.

Dikutip Himedik dari Daily Mail, dokter juga menemukan pisau, rautan pensil, dan juga magnet. Lelaki bernama Jayakumar (52), operasi pengeluaran benda logam ini membutuhkan waktu 45 menit.

Dokter di Chennai, pantai tenggara India, mengatakan pasien yang memiliki gangguan kejiwaan itu bisa meninggal jika tidak dilakukan operasi.

Dr AR Venkateswaran, dari Rumah Sakit Umum Pemerintah Rajiv Gandhi, memimpin dua prosedur, menurut laporan setempat.

"Jika benda-benda tidak diangkat pada waktunya, pasien mungkin telah mengembangkan komplikasi seperti perdarahan usus dan sepsis yang akhirnya menyebabkan kematian," ujarnya.

Dokter dengan hati-hati melakukan prosedur gastroskopi selama dua hari, mengeluarkan 22 benda logam dari perut Jayakumar dan selanjutnya 18 benda lainnya.

Petugas medis mengatakan benda terkecil berukuran 2 cm dan sejumlah benda menempel pada magnet di dalam perutnya.

Kerikil dalam perut [American Journal of Medical Case Reports]
Benda asing dalam perut [American Journal of Medical Case Reports]

Benda-benda itu pertama kali diidentifikasi ketika ia memiliki MRI otak untuk gangguan kejiwaan dan telah menjalani perawatan selama tiga tahun.

Dr Jayanthi Rangarajan, yang bekerja di rumah sakit, mengatakan, operasi dilakukan dengan keluhan awal sakit perut.

“Pasien kemudian mengalami sakit perut. CT scan perut menunjukkan adanya beberapa benda logam. Dia dirujuk ke rumah sakit kami pada minggu ketiga Februari," tutupnya.

Keluarga Jayakumar kepada dokter menyebut tidak menyadari bahwa ia memiliki kebiasaan menelan benda. Mereka memeriksa pasien dan menemukan banyak benda logam saling menempel di perut.

"Pasien tidak mengalami cedera internal dan telah dipulangkan dan baik-baik saja sekarang," tutupnya. (Himedik/Yuliana Sere)

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini