Makan Cokelat Bisa Sembuhkan Batuk, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Sebuah studi ilmiah menyebut makan cokelat bisa meredakan batuk yang Anda alami. Kok bisa?

Suara.Com
M. Reza Sulaiman
Makan Cokelat Bisa Sembuhkan Batuk, Ini Penjelasan Ilmiahnya
Batuk, coba saja makan cokelat. (Shutterstock)

Suara.com - Makan Cokelat Bisa Sembuhkan Batuk, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Manfaat makan cokelat tidak hanya untuk memperbaiki mood. Sebuah studi ilmiah menyebut makan cokelat bisa meredakan batuk yang Anda alami.

Dikutip Himedik dari Popsugar, studi ilmiah yang diterbitkan di jurnal BMJ Open pada Januari 2017 menyebut tim dari University of Hull di Yorkshire, Inggris, berhasil menemukan manfaat redakan batuk yang dimiliki cokelat.

Tim secara acak meresepkan 163 pasien yang mencari perawatan medis untuk batuk dua obat: kodein reguler atau CS1002, yang merupakan obat batuk bebas resep dengan basis kakao.

Peserta diinstruksikan untuk minum obat mereka empat kali sehari selama satu minggu atau sampai batuknya hilang dan mencatat gejala mereka setiap hari.

Para peneliti akhirnya menemukan bahwa CS1002 dikaitkan dengan pengurangan frekuensi batuk yang lebih besar, gangguan tidur, dan peningkatan status kesehatan dibandingkan dengan kodein.

Tania Elliott, MD, instruktur klinis kedokteran di NYU Langone Health, mengatakan ini bukan studi pertama tentang cokelat sebagai pereda batuk.

"Para peneliti telah meneliti kualitas pereda batuk theobromine, bahan khusus untuk dark chocolate, selama bertahun-tahun. Cokelat hitam juga dikenal sebagai antioksidan. Jadi apa pun yang akan menenangkan sistem kekebalanmu adalah hal yang baik," jelas Dr. Elliott.

Sebuah studi menyebutkan cokelat lebih ampuh mengatasi batuk ketimbang obat batuk. (Shutterstock)
Sebuah studi menyebutkan cokelat lebih ampuh mengatasi batuk ketimbang obat batuk. (Shutterstock)

Dr. Elliott menjelaskan, biji kakao dalam bentuk cair melapisi dan menenangkan tenggorokan seperti madu.

Beberapa peneliti menyarankan untuk menghisap sepotong cokelat hitam untuk meredakan batuk.

Elliott juga mengatakan pelepasan lambat bisa menenangkan, meskipun Anda juga tidak boleh mengharapkan hasil yang ajaib.

"Jangan membelinya terlalu banyak. Ini tidak akan membuat gejala flu dan batukmu hilang lebih cepat. Namun kamu juga tidak salah jika membelinya," tutupnya. (Himedik/Yuliana Sere)

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini