Waduh, Tumpukan Piring Kotor di Dapur Bisa Sebarkan Kuman

Demi kesehatan Anda, jangan biarkan piring kotor menumpuk di dapur ya.

Suara.Com
M. Reza Sulaiman
Waduh, Tumpukan Piring Kotor di Dapur Bisa Sebarkan Kuman
Jangan biarkan piring kotor menumpuk, cuci piring sekarang juga. (Shutterstock)

Suara.com - Waduh, Tumpukan Piring Kotor di Dapur Bisa Sebarkan Kuman

Punya piring kotor yang digunakan setelah makan? Jangan ditunda, langsung cuci saat ini juga demi kesehatan Anda.

Ya, kebiasaan tak segera mencuci piring hingga menumpuk peralatan dapur yang kotor banyak terjadi di rumah-rumah. Padahal, tumpukan piring kotor itu menyebabkan kuman tersebar di seluruh rumah jika dibiarkan terlalu lama.

"Pada akhirnya, jika Anda membiarkan piring kotor, dan ada orang di rumah, dan mungkin hewan, mereka cenderung menyebarkan bakteri di rumah," kata Barbara Mullan, pakar kesehatan dari Perth, dikutip HiMedik.com dari ABC News.

Meskipun kelihatannya tidak berbahaya, membiarkan tumpukan piring kotor di wastafel sama dengan menyebarkan bakteri dan bisa meningkatkan risiko masalah pencernaan.

"Bakteri akan tetap hidup di permukaan, bahkan permukaan yang bersih, hingga empat hari. Jadi pada piring yang terkontaminasi partikel makanan, bakteri dapat tetap hidup untuk waktu yang sangat lama," tuturnya lagi.

Mullan mengatakan, sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa piring yang dibersihkan dengan mesin pencuci piring adalah yang paling bersih.

"Piring yang dibiarkan di mesin pencuci piring tidak terlalu menjadi masalah karena sudah terlindungi. Anda tidak mungkin meminta seseorang membukanya, menyentuh piring kotor, dan memindahkan bakteri di sekitar rumah," ujarnya.

Jangan biarkan piring kotor menumpuk, cuci piring sekarang juga. (Shutterstock)
Jangan biarkan piring kotor menumpuk, cuci piring sekarang juga. (Shutterstock)

Namun, jika Anda mencuci peralatan dapur secara manual, Profesor Mullan menawarkan tips berikut:

1. Siapkan air sepanasnya, tapi yang Anda bisa tahan (pakai sarung tangan karet).

2. Gunakan deterjen dan semacam scrub atau sikat sehingga Anda benar-benar menghilangkan partikel makanan dengan kekuatan kasar.

3. Gunakan serbet bersih, karena serbet itu sudah pasti benda paling kotor di dapur.

Cara terbaik untuk menjaga serbet tetap bersih, selain menggantinya secara teratur, adalah dengan microwave.

"Kedengarannya agak aneh, tetapi jika Anda membilasnya, sehingga tidak ada makanan yang menempel, dan memasukkannya ke dalam microwave selama satu menit, Anda dapat menggunakan serbet itu tanpa batas waktu," kata Mullan.

Dari sudut pandang kebersihan, merendam piring kotor di wastafel juga tidak baik.

"Anda memasukkan piring ke suhu air di bawah 60 derajat, dan itulah tempat berkembang biak yang sempurna bagi bakteri," terang Mullan.

"Anda akan membuat 'sup bakteri', lalu Anda akan memasukkan tangan Anda ke wastafel untuk menarik steker dan mencuci piring, dan jika Anda tidak mencuci tangan dengan benar, Anda akan mencemari dapur," tutupnya. (Himedik/Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana)

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini