Bukan Cuma Perempuan, Vaksinasi HPV Juga Dianjurkan untuk Lelaki

Dokter mengatakan manfaat vaksinasi HPV juga bisa dirasakan lelaki lho!

Suara.Com
M. Reza Sulaiman
Bukan Cuma Perempuan, Vaksinasi HPV Juga Dianjurkan untuk Lelaki
Manfaat vaksinasi HPV tidak hanya untuk perempuan, tetapi juga untuk lelaki.

Suara.com - Bukan Cuma Perempuan, Vaksinasi HPV Juga Dianjurkan untuk Lelaki

Vaksinasi Human Papilloma Virus (HPV) penting bagi perempuan untuk mencegah risiko terserang kanker serviks. Nah, dokter mengatakan manfaat vaksinasi HPV juga bisa dirasakan lelaki lho!

dr Venita Eng, MSc, perwakilan Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks (KICKS) dari Yayasan Kanker Indonesia (YKI) DKI Jakarta mengatakan, vaksinasi HPV bisa mencegah lelaki terserang penyakit yang bersumber dari virus HPV lainnya.

"Jadi HPV itu tidak hanya menyebabkan kanker serviks. HPV juga bisa menyebabkan kutil kelamin, kanker oral, hingga kanker anus yang juga bisa terjadi pada lelaki," tutur dr Venita, ditemui di Plaza Indonesia baru-baru ini.

Tak hanya itu, vaksinasi HPV juga bermanfaat bagi pasangan yang sudah menikah. Dijelaskan dr Venita, HPV yang menyebabkan kanker serviks pada perempuan bisa berasal dari lelaki.

Virus HPV yang ada di lelaki bisa menular ke perempuan lewat hubungan seksual. Dengan begitu, lelaki yang melakukan vaksinasi HPV juga bermanfaat untuk melindungi istrinya dari kanker serviks.

Cinta Laura saat disuntik vaksinasi HPV. (Suara.com/Reza Sulaiman)
Cinta Laura saat disuntik vaksinasi HPV. (Suara.com/Reza Sulaiman)

"Jadi nggak ada salahnya. Kalau budgetnya terbatas, ya perempuan yang diutamakan. Tapi ketika ada budget lebih, lelaki mau vaksinasi HPV ya silakan," tutur dr Venita lagi.

Apa yang disampaikan dr Venita juga diamini oleh selebriti Cinta Laura. Cinta Laura mengatakan vaksinasi HPV merupakan investasi demi masa depan perempuan.

"Saya mengajak perempuan lainnya dapat tergerak untuk segera melakukan upaya yang sama sehingga mimpi dan harapan kalian tidak terhenti hanya karena penyakit yang sebenarnya dapat dicegah ini," tutur Cinta Laura.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini