Ingin Tunda Kehamilan? Ini Fakta yang Perlu Diketahui Soal Pil KB

Apa fakta soal pil KB yang harus diketahui sebelum cegah kehamilan?

Suara.Com
Silfa Humairah Utami | Vessy Dwirika Frizona
Ingin Tunda Kehamilan? Ini Fakta yang Perlu Diketahui Soal Pil KB
Ilustrasi pil KB untuk tunda kehamilan. (shutterstock)

Suara.com - Ingin Tunda Kehamilan? Ini Fakta yang Perlu Diketahui Soal Pil KB.

Bagi Anda yang baru menikah dan belum ingin punya anak, karena memiliki perencanaan dalam berkeluarga, memakai alat kontrasepsi merupakan solusi tepat.

Dengan begitu, Anda dapat menjalani rutinitas secara teratur dan terjadwal, serta dapat membangun kehidupan berkeluarga yang berkualitas.

Namun, sebagian perempuan masih ragu memakai alat kontrasepsi. Alasannya takut disuntik atau tak ingin ada benda asing yang masuk ke rahim. Maka, menurut dokter spesialis kandungan, dr Tirsa, Sp.OG, jika kedua cara itu bukan pilihan Anda, pil KB dapat menjadi pilihan selanjutnya.

Nah, bagi Anda yang sedang mempertimbangkan ingin memakai pil KB sebagai alat kontrasepsi tetapi masih ragu, inilah beberapa fakta yang perlu diketahui tentang pil KB.

Pil KB kombinasi membantu mengurangi risiko kanker rahim, kanker ovarium, nyeri PMS, malancarkan menstruasi, mencegah anemia, dan merawat kesehatan kulit.

Laporan Jurnal The Lancet Oncology, efek perlindungan pil KB dalam menurunkan risiko kanker masih berlanjut hingga 30 tahun setelah konsumsi dihentikan.

Kira-kira 40 persen perempuan usia subur di Indonesia, menderita anemia. Kini pil KB FE yang diperkaya kandungan zat besi dengan fungsi ganda untuk mencegah kehamilan dan juga mengatasi anemia saat menstruasi.

Hasil penelitian Poliklinik Hematologi Medik, FKUI/RSCM, konsumsi pil KB selama 5 tahun bisa menurunkan risiko kanker endometrium sebesar 24 persen.

Jadi, fakta-fakta soal Pil KB tersebut perlu Anda ketahui sebelum menunda kehamilan. 

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini