Perempuan Harus Tahu, Ini 7 Mitos dan Fakta Soal Pil KB

Apa saja mitos dan fakta soal pil KB yang harus kamu ketahui?

Suara.Com
Silfa Humairah Utami | Vessy Dwirika Frizona
Perempuan Harus Tahu, Ini 7 Mitos dan Fakta Soal Pil KB
Ilustrasi perempuan minum pil KB. (Shutterstock)

Suara.com - Perempuan Harus Tahu, Ini 7 Mitos dan Fakta Soal Pil KB

Pil KB merupakan alat kontrasepsi yang mudah digunakan, yakni dengan cara diminum secara teratur. Namun, di lingkungan masyarakat beredar tentang mitos-mitos mengonsumsi pil KB yang membuat pengguna menjadi ragu memilih alat kotrasepsi yang satu ini.

Nah, membahas soal mitos, ini dia penjelasan dokter spesialis kandungan, dr. Tirsa Verani, Sp. OG, terkait mitos-mitos soal pil KB yang beredar di masyarakat kepada Suara.com.

1. Mitos Pil KB bikin gemuk dan jerawatan

Faktanya pil KB kombinasi sekarang mengandung estrogen dosis rendah yang bisa mencegah penumpukan cairan sehingga berat badan tetap stabil. Kandungan estrogen dan progesteron juga bisa menekan kadar hormon androgen dalam tubuh sehingga produksi minyak menurun dan kulit lebih halus.

2. Mitos Pil KB mengganggu kesuburan

Faktanya Kesuburan akan langsung kembali begitu konsumsi pil KB dihentikan. Perempuan bisa langsung mengalami ovulasi dalam hitungan hari hingga minggu setelah berhenti minum pil KB.

3. Mitos  Pil KB membuat rahim kering

Faktanya, berkurangnya darah mentrsuasi sejak minum pil KB bukanlah akibat dari kondisi rahim kering, melainkan karena perubahan ketebalan dinding rahim setelah mengonsumsi hormon progesteron. Bila konsumsi pil KB dihentikan dan siklus menstruasi normal kembali, kesuburan dan kondisi rahim akan pulih seperti semula.

Lantas, mitos pil KB apalagi yang beredar di masyarakat, tapi nyatanya tidak benar? Yuk, lanjut di halaman berikutnya. 

Selanjutnya chevron_right

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini