Studi : Ternyata Orang Malas Itu Otaknya Pinter Lho

Studi ini diterbitkan di Journal of Health Psychology.

Suara.Com
Ade Indra Kusuma
Studi : Ternyata Orang Malas Itu Otaknya Pinter Lho
Ilustrasi malas. (Unsplash)

Suara.com - Studi : Ternyata Orang Malas Itu Otaknya Pinter Lho

Jika Anda suka duduk melamun berjam-jam, santai dan berimajinasi sesuatu, hmmm bisa jadi Anda adalah orang yang memiliki IQ tinggi.

Malas dan sebuah penelitian baru bahwa orang malas itu sebenarnya cerdas tentu menjadi sebuah kabar baik bagi Anda yang merasa diri Anda itu seorang pemalas. Namun tentu saja jangan menelan mentah-mentah, dilain situasi malas itu bisa berakibat buruk baik dalam karier dan kehidupan.

Mengutip D'Marge, para peneliti baru-baru ini menyebutkan, orang yang bekerja tanpa usaha yang keras bukan berarti bodoh lho, melainkan ia cuma malas saja mengerjakan.

Sebuah studi yang diterbitkan di Journal of Health Psychology, orang-orang itu malah bisa jadi tergolong cerdas.

Penelitian yang dipimpin oleh Todd McElroy itu mengklaim bahwa orang yang menghabiskan waktu yang lebih sedikit untuk berpikir biasanya tipe orang yang lebih aktif secara fisik dibandingkan dengan mereka yang lebih suka menggunakan kekuatan otak saja.

McElroy dan tim penelitinya mempelajari aktivitas fisik 60 mahasiswa sarjana dan memisahkan mereka menjadi dua kelompok. Satu kelompok terdiri dari mereka yang memiliki kebutuhan akan kognisi (NFC) yang tinggi, sementara yang lain adalah kelompok dengan NFC rendah.

Menurut para peneliti ini, NFC adalah kecenderungan untuk terlibat dan menikmati kegiatan kognitif yang menantang.

Dengan kata lain, para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang suka memecahkan teka-teki memiliki NFC yang lebih tinggi, berbeda dengan orang-orang dengan NFC rendah, yang memilih melakukan tugas-tugas biasa yang tidak merangsang pikiran.

Selanjutnya chevron_right

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini