Boleh Dicoba, Gunakan Cuka untuk Hilangkan Bau Tak Sedap di Ruangan

Cuka juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap di ruangan Anda lho!

Suara.Com
M. Reza Sulaiman | Yuliana Sere
Boleh Dicoba, Gunakan Cuka untuk Hilangkan Bau Tak Sedap di Ruangan
Ruangan berbau tak sedap, hilangkan dengan cuka. (Shutterstock)

Suara.com - Boleh Dicoba, Gunakan Cuka untuk Hilangkan Bau Tak Sedap di Ruangan

Bukan cuma jadi bumbu pelengkap masakan, cuka juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap di ruangan Anda lho!

Meski belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan cuka bermanfaat sebagai pembersih udara, namun penggunaan uap cuka sebagai disinfektan sudah dilakukan di Eropa, dalam kasus wabah ternak di Montpellier, Prancis.

Dikutip Himedik dari NextShark, pada saat itu, Fakultas Kedokteran merekomendasikan pengasapan sapi menggunakan uap cuka.

Bahkan menurut Amanda Sims, seorang pelaku gaya hidup sehat, uap cuka sebaiknya digunakan sebagai pewangi. Ia sering mendidihkan cuka putih di atas kompor untuk menghilangkan aroma dapur yang kurang enak.

"Saya mencobanya setelah memasak sup dengan sosis di dalamnya. Baunya sebenarnya enak tetapi masih ada di dapur selama beberapa hari dan saya benar-benar berpikir cuka bisa membantu menghilangkan bau ruangan," ujar Amanda

"Ketika saya meninggalkan rumah, saya hanya mematikan kompor dan membiarkannya duduk, lalu pulang ke apartemen yang berbau, dan luar biasa, ruangannya tidak berbau lagi," katanya lagi.

Cuka sudah menjadi salah satu bahan pokok rumah tangga dan telah lama digunakan sebagai disinfektan yang efektif. Menurut cerita rakyat China, bahkan uap dari cuka bisa membunuh kuman di udara.

Sebuah studi tahun 2000 yang diterbitkan dalam jurnal Infection Control dan Hospital Epidemiology menunjukkan cuka dapat menghilangkan Staphylococcus aureus yang menyebabkan berbagai penyakit, misalnya masalah kulit hingga penyakit yang mengancam jiwa.

Cuka untuk membersihkan rumah. (Shutterstock)
Cuka untuk membersihkan rumah. (Shutterstock)

Kontak langsung dengan 10% kadar cuka juga dapat menonaktifkan influenza A, menurut sebuah studi 2010 yang diterbitkan dalam jurnal PLOS ONE.

Studi lain pada 2014 yang diterbitkan dalam jurnal mBio mengungkapkan cuka dapat membunuh Mycobacterium tuberculosis, bakteri penyebab tuberculosis (TB) pada manusia.

Menurut para peneliti, patogen terbunuh setelah 30 menit paparan asam asetat 6%.

Bagaimana, mau mencoba menggunakan uap cuka untuk menghilangkan bau tidak sedap dari ruangan?

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini