Badan Sakit Setelah Olahraga, Ternyata Ini Penyebabnya

Pernah mengalami badan sakit setelah olahraga?

Suara.Com
Vania Rossa | Firsta Nodia
Badan Sakit Setelah Olahraga, Ternyata Ini Penyebabnya
Ilustasi olahraga. (Shutterstock)

Suara.com - Pernahkah Anda mengalami badan sakit seperti habis dipukuli usai olahraga? Biasanya rasa ini timbul ketika kita berolahraga untuk pertama kalinya setelah absen untuk beberapa waktu.

Nah menurut Head of Personal Trainer Celebrity Fitness, Triesca Ariesandy, hal ini biasanya terjadi pada orang yang jarang olahraga sehingga ototnya lemah. Ketika olahraga kembali, maka otot mengalami penguatan melebihi kapasitasnya. Hal inilah yang membuat tubuh menjadi sakit keesokan harinya.

"Karena saat olahraga, sel-sel otot mengalami penghancuran. Tetapi keesokannya sudah terjadi pembentukan sel otot baru. Jadi rasanya kayak digebukin," ujar Triesca di sela-sela peluncuran CelFitTV di Gandaria City, Sabtu (30/3/2019).

Triesca menambahkan, butuh waktu hingga 48 jam bagi otot untuk meregenerasi sel-sel baru. Itu sebabnya, ia mengimbau agar seseorang tidak melakukan olahraga yang sama dalam kurun waktu kurang dari 48 jam.

"Ada yang gagal membentuk otot karena belum 48 jam sudah latihan yang sama. Boleh olahraga, tapi yang bebannya tidak mengenai anggota tubuh yang sama. Jadi olahraga selingan saja," imbuhnya.

Selain itu, Anda juga harus mengonsumsi makanan sehat yang tinggi protein untuk membantu mempercepat proses pembentukan otot. Makanan itu bisa berupa telur atau sumber protein lainnya.

"Makanan kaya nutrisi jadi katalis pembentukan sel baru. Karena olahraga kita menghancurkan sel otot, jadi setelah selesai olahraga harus makan yang kaya nutrisi seperti protein untuk bahan pembentukan sel baru," tandas dia.

Nah, sudah tahu kan cara supaya tidak mengalami badan sakit setelah olahraga? 

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini