Atasi Nyeri Tulang Bengkok, Sutopo BNPB Belajar Yoga

Yoga disebut bermanfaat untuk mengatasi nyeri, termasuk tulang bengkok karena skoliosis yang dialami Sutopo BNPB.

Suara.Com
M. Reza Sulaiman | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
Atasi Nyeri Tulang Bengkok, Sutopo BNPB Belajar Yoga
Sutopo BNPB mencoba yoga untuk mengatasi nyeri tulang bengkok. (Suara.com/Risna Halidi)

Suara.com - Atasi Nyeri Tulang Bengkok, Sutopo BNPB Belajar Yoga

Kapusdatin dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengalami tulang bengkok karena skoliosis di bagian punggung. Untuk mengatasi nyeri tulang bengkok, ia pun belajar yoga.

Lelaki yang akrab disapa Sutopo BNPB itu membagikan video saat dirinya berlatih yoga di akun Twitternya.

"Tulang bengkok atau skoliosis itu ternyata menyakitkan. Usaha untuk mengurangi rasa sakit nyeri tulang ternyata juga tidak mudah," tulis Sutopo di akun Twitternya @Sutopo_PN.

Ia terlihat mempraktikkan child pose atau Balasana, dengan dibantu oleh sang instruktur, dalam video itu. Saat kembali ke posisi duduk Vajrasana, raut wajah Sutopo memperlihatkan betapa ia menahan sakit yang begitu kuat.

"Belajar yoga saya lakukan agar tubuh lebih nyaman. Namanya ikhtiar orang sakit, apapun dilakukan agar sehat kembali. Apakah Anda sehat hari ini?" tulis Sutopo lagi.

Dikutip HiMedik.com dari Yoga Journal, child pose memang memiliki berbagai manfaat, antara lain meregangkan pinggul, paha, dan pergelangan kaki; menenangkan otak dan membantu meredakan stres dan kelelahan; serta meredakan sakit yang dirasakan Sutopo, yakni di bagian punggung dan leher.

Sutopo saat ini diketahui sedang berjuang melawan penyakit kanker paru stadium 4B yang diidapnya.

Kemudian pada awal Maret kemarin, Sutopo mengungkapkan mengalami skoliosis. Akibatnya, postur tubuh Sutopo saat berjalan dan berdiri menjadi agak miring.

Menurut keterangan Sutopo, dorongan massa kanker adalah penyebab tulang belakangnya bengkok. Ia pun merasa kesakitan dan nyeri pada bagian tersebut.

Meski begitu, Sutopo terus aktif memberikan kabar terkait bencana yang terjadi di Tanah Air.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini