Rutin Minum Air Hangat di Pagi Hari, Ini 6 Manfaat yang Didapat

Salah satunya adalah mengatasi sembelit.

Suara.Com
Vika Widiastuti | Yuliana Sere
Rutin Minum Air Hangat di Pagi Hari, Ini 6 Manfaat yang Didapat
Ilustrasi minum air putih. (shutterstock)

Suara.com - Minum air hangat di pagi hari ternyata memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh. Penelitian terbaru bahkan mengungkapkan manfaat minum air hangat saat perut kosong. 

HiMedik melansir dari medicaldaily, berikut 6 manfaat minum air hangat di pagi hari.

1. Meringankan Sembelit

Sembelit adalah kondisi tidak nyaman yang memiliki efek iritasi. Ini adalah masalah perut umum yang disebabkan oleh sedikit atau tidak ada pergerakan usus serta kurangnya air dalam tubuh.

Ahli gizi klinis dan pakar kesehatan dalam Ilmu Pangan dan Gizi Stella Metsovas mengatakan, wanita rentan terhadap ketidakseimbangan hormon, yang memiliki efek samping konstipasi.

2. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Tumpukan lemak yang terakumulasi dalam sistem saraf dihilangkan dengan minum segelas air panas. Ini mengeluarkan racun dan meningkatkan sirkulasi darah serta melonggarkan jaringan otot.

3. Menurunkan Berat Badan

Minum air hangat meningkatkan suhu tubuh. Ini juga meningkatkan tingkat metabolisme tubuh untuk membakar lebih banyak kalori.

Minum air hangat dengan lemon mempercepat prosesnya. Serat pektik lemon mengendalikan keinginan makan dan membuat kamu makan lebih sedikit.

Ini juga memecah jaringan adiposa yang membantu menurunkan berat badan. Minum ini di pagi hari sangat dianjurkan oleh dokter.

Ilustrasi menimbang berat badan - (Pixabay/sisdahgoldenhair)
Ilustrasi menimbang berat badan - (Pixabay/sisdahgoldenhair)

4. Meringankan Rasa Sakit

Terapi air hangat juga mengurangi nyeri rahim yang disebabkan oleh kram menstruasi. Ini meningkatkan sirkulasi kapiler dan mengendurkan otot perut dan rahim.

Nyeri menstruasi disebabkan oleh jaringan otot yang stres karena kontraksi. Minum air hangat mengurangi risiko mengalami nyeri haid.

5. Mencegah Penuaan Dini

Penumpukan racun dalam tubuh membuat seseorang menua lebih cepat. Itu juga membuat kamu lebih rentan terhadap penyakit.

Air hangat mengeluarkan racun-racun ini dan memperbaiki sel-sel kulit. Hasilnya, kulit lebih elastis dan bebas dari tanda-tanda penuaan.

6. Tidur Lebih Nyenyak

Minum air panas sebelum tidur menenangkan saraf dan membuat tubuh merasa lebih rileks. Ini akan membuatmu merasa segar di pagi hari. 

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini