Kurangi Sampah Plastik, Pemuda Ini Bikin Sedotan dari Rumput Liar

Mulanya rumput ini dicuci bersih dan kemudian dipotong menjadi tabung 20cm.

Suara.Com
Vika Widiastuti | Yuliana Sere
Kurangi Sampah Plastik, Pemuda Ini Bikin Sedotan dari Rumput Liar
Ilustrasi sedotan plastik [Shutterstock].

Suara.com - Langkah untuk mengurangi sampah plastik terus digalakkan. Kali ini seorang inovator muda Vietnam telah mengembangkan jenis jerami yang ramah lingkungan.

Tran Minh Tien membuat sedotan biodegradasi dari jenis rumput tertentu yang ia dapatkan dari ladang Delta Mekong. Lepironia articulata atau alang-alang tumbuh liar di lahan basah Vietnam. Mereka biasanya panjang dan memiliki batang berlubang, dilansir HiMedik dari worldofbuzz.

Sebelum menjadi sedotan, mulanya rumput ini dicuci bersih dan kemudian dipotong menjadi tabung 20cm.

Setelah itu, bagian dalam tabung rumput dibersihkan menggunakan batang logam. Kemudian sedotan rumput dicuci lagi, lalu dikemas menjadi bundel menggunakan daun pisang.

Sedotan rumput ini diproses oleh Ong Hut Co yang merupakan perusahaan Tran dan tersedia dalam dua versi, segar dan kering.

Perbedaan antara kedua jenis sedotan ini adalah durasinya. Sedotan rumput yang baru dipotong dan tidak digunakan bisa bertahan hingga dua minggu jika disimpan di lemari es.

Jika disimpan dalam suhu kamar, mereka bisa bertahan selama seminggu. Di sisi lain, sedotan kering dapat disimpan di lemari es dan akan bertahan hingga enam bulan.

Meskipun kedua jenis sedotan ini dimaksudkan hanya untuk sekali makan di restoran, Tran mendorong orang untuk membelinya agar mengurangi penggunaan plastik.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini