Main Tanpa Alas Kaki di Kandang Babi, Ini yang Terjadi pada Bocah 10 Tahun

Sebagai pengingat bahwa memakai alas kaki di luar rumah sangatlah penting.

Suara.Com
Vania Rossa | Firsta Nodia
Main Tanpa Alas Kaki di Kandang Babi, Ini yang Terjadi pada Bocah 10 Tahun
Ilustrasi main tanpa alas kaki. (Foto: shutterstock)

Suara.com - Alas kaki tak hanya berfungsi sebagai penunjang penampilan, tapi juga melindungi kita dari risiko yang tidak diinginkan, termasuk menginjak benda tajam hingga parasit yang berbahaya.

Hal ini pula yang dialami seorang bocah perempuan berusia 10 tahun yang mengeluh kakinya berwarna kecoklatan dan sangat gatal setelah bermain di kandang babi tanpa menggunakan alas kaki. Sebelum didiagnosis menderita tungiasis, bocah perempuan itu memang mengeluhkan rasa gatal dan sakit di bagian telapak kakinya.

Ketika berkonsultasi ke dokter, bocah itu ternyata terinfeksi kutu parasit pasir. Hal itu menyebabkan kakinya dipenuhi bintik hitam kecil yang sangat mengganggu. Dokter kemudian mengeluarkan kutu pasir dari bawah kaki bocah itu.

Tungiasis sendiri merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh kutu pasir betina, yang bersembunyi di kulit. Sebagian besar kasus tungiasis menyerang bagian jari kaki, telapak kaki, tepi kaki dan tumit, dengan gejala gatal-gatal dan iritasi.

Dalam kasus bocah itu, dokter merawat luka-lukanya setelah kutu dilepas, dan kakinya sembuh tanpa komplikasi. Jadi tak ada alasan untuk tidak menggunakan alas kaki saat berada di luar ruangan, ya!

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini