Murah Meriah, Tempe Disebut Bisa Cegah Penyakit Osteoporosis

Makanan khas Indonesia ini dipercaya mempu mencegah dari penyakit osteoporosis karena kandungan kalsium dan mineral.

Suara.Com
Vika Widiastuti
Murah Meriah, Tempe Disebut Bisa Cegah Penyakit Osteoporosis
Tempe (Shutterstock)

Suara.com - Osteoporosis terjadi akibat kepadatan tulang yang menurun hingga memengaruhi struktur dan kekuatan tulang. Penyakit osteoporosis umumnya menyerang wanita menopause, tetapi siapa pun tetap memiliki risiko ini jika memiliki pola makan buruk.

Adapun makanan khas Indonesia yang dipercaya mampu mencegah penyakit osteoporosis, yakni tempe. Tempe salah satu makanan yang sudah menjadi ikon bangsa Indonesia ini mudah sekali ditemukan di pasaran dengan harga murah meriah. Selain murah, tempe juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dengan kandungan vitamin dan protein di dalamnya.

Tempe adalah produk fermentasi kacang kedelai yang mengandung serat, kalsium, vitamin B dan zat besi yang bermanfaat bagi tubuh. Khususnya menjaga kesehatan usus, mencegah penyakit kardiovaskular dan jenis kanker tertentu.

Makanan khas Indonesia ini dipercaya mempu mencegah dari penyakit osteoporosis karena kandungan kalsium dan mineral di dalamnya yang berfungsi menjaga kepadatan dan kekuatan tulang.

HiMedik melansir dari healthline.com, asupan kalsium yang cukup dapat membantu seseorang terhindar dari osteoporosis di usia lanjut. Fakta ini sudah dibuktikan melalui penelitian dengan 40 wanita lanjut usia yang rutin mengonsumsi makanan tinggi kalsium selama 2 tahun penuh.

Olahan tempe. (pixabay)
Olahan tempe. (pixabay/Mittmac)

Hasilnya, asupan kalsium yang cukup membuat terhindar dari pengeroposan tulang yang menyebabkan osteoporosis dibandingkan wanita lansia lainnya yang kurang asupan kalsium.

Studi lain juga menunjukkan asupan kalsium yang cukup membantu meningkatkan pertumbuhan dan kepadatan tulang anak-anak hingga remaja. Salah satu cara mereka menjaga kesehatan tulang dengan rutin mengonsumsi tempe.

Meskipun banyak orang menilai susu cukup memenuhi kebutuhan kalsium harian mereka. Tetapi, penelitian justru menyatakan, tempe sangat baik untuk meningkatkan asupan kalsium pada tubuh manusia.

Dr. Thozhukat Sathyapalan dari Departemen Kardiologi Akademik Hull dilansir dari medicalnewstoday.com, juga membuktikan bahwa wanita yang mengonsumsi protein kedelai dan suplemen isoflavon cukup banyak memiliki tingkat kesehatan tulang yang lebih baik.

Tahu dan tempe. (Shutterstock)
Tahu dan tempe. (Shutterstock)

"Kami menemukan bahwa protein kedelai dan isoflavon adalah pilihan yang paling efektif untuk meningkatkan kesehatan tulang wanita ketika menopause. Kandungan itu juga membantu mereka terhindar dari masalah osteoporosis," ujar Dr. Thozhukat Sathyapalan.

Protein kedelai dan isoflavon itu pun bisa diperoleh manusia dari mengonsumsi tempe secara rutin. Karena asupan protein yang banyak membantu tubuh menyerap kalsium lebih banyak untuk mencegah osteoporosis. Sementara itu, kandungan isoflavon pada kedelai sebagai senyawa yang memiliki struktur kimia mirip dengan esterogen.

Hal itulah yang membuat para ilmuwan meyakini kandungan isoflavon memberikan manfaat yang sama kuatnya dengan protein kedelai untuk menjaga kesehatan tulang. (HiMedik.com/Shevinna Putti Anggraeni)

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini