Kamu Harus Tahu! Ini Penyebab Selulit dan Cara Mengatasinya

Kondisi ini biasanya memengaruhi daerah bokong dan paha, tetapi juga bisa terjadi di daerah lain.

Suara.Com
Vika Widiastuti | Yuliana Sere
Kamu Harus Tahu! Ini Penyebab Selulit dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi perempuan memiliki selulit (Shutterstock)

Suara.com - Selulit adalah salah satu masalah yang menjengkelkan bagi wanita. Meski pria pun bisa mengalaminya. Tak sedikit wanita yang berusaha mencari cara untuk mengatasinya. 

Selulit adalah suatu kondisi saat kulit memiliki penampilan seperti bergelombang yang terjadi karena perbedaan distribusi lemak, otot, dan jaringan ikat. Kondisi ini biasanya memengaruhi daerah bokong dan paha, tetapi juga bisa terjadi di daerah lain.

Selulit terjadi ketika timbunan lemak terdorong melalui jaringan ikat di bawah kulit. Dilansir HiMedik dari medicalnewstoday, selulit juga dikenal sebagai kulit kulit jeruk, karena teksturnya.

Penyebab

Penyebab pasti selulit tidak diketahui, tetapi tampaknya merupakan hasil dari interaksi antara jaringan ikat di lapisan dermatologis yang terletak di bawah permukaan kulit, dan lapisan lemak yang tepat di bawahnya.

Pada wanita, sel-sel lemak dan jaringan ikat di lapisan ini disusun secara vertikal. Jika sel-sel lemak menonjol ke dalam lapisan kulit, ini memberikan penampilan selulit.

Pada pria, jaringan memiliki struktur berselang-seling, yang mungkin menjelaskan mengapa lebih kecil kemungkinannya untuk memiliki selulit daripada wanita.

Beberapa faktor penyebab lain meliputi, faktor hormonal dan usia, genetik, diet dan gaya hidup.

Selulit di paha. (Suara/Shutterstock)
Selulit di paha. (Shutterstock)

Perawatan

Beberapa terapi telah disarankan untuk menghilangkan selulit, tetapi belum ada yang dikonfirmasi oleh penelitian ilmiah.

American Academy of Dermatology (AAD) telah meninjau sejumlah teknik yang mungkin berhasil dalam mengurangi penampilan selulit dengan memecah ikatan jaringan ikat di bawah permukaan kulit.

Terapi gelombang akustik menggunakan perangkat genggam untuk mengirimkan gelombang suara. Ini mungkin berhasil, tetapi dapat membutuhkan beberapa sesi.

Selain itu ada juga perawatan laser, subcision, carboxytherapy, endermologie, radioterapi, sedot lemak dengan bantuan laser.

Untuk obat dan krim, beberapa alternatif bisa digunakan untuk mengurangi selulit ini, antara lain:

Kafein mendehidrasi sel, membuatnya kurang terlihat. Ini perlu diterapkan setiap hari. Berbagai krim kafein untuk selulit tersedia untuk dibeli secara online.

Retinol dapat mengurangi tampilan selulit dengan menebalkan kulit. Diperlukan setidaknya 6 bulan untuk melihat hasilnya.

Penting untuk mencoba tes tambalan pertama, karena beberapa orang telah mengalami efek samping, seperti jantung berdebar. Perawatan retinol tersedia di online shop.

Beberapa orang memakai pakaian kompresi untuk mengurangi tampilan selulit. Pakaian ini mencoba untuk menekan arteri dan meningkatkan aliran darah dan getah bening untuk mengurangi selulit yang terlihat.

Sementara itu, sedot lemak dan diet tidak menghilangkan selulit karena tidak memengaruhi struktur jaringan ikat.

Namun, mengurangi asupan lemak berarti memiliki lebih sedikit lemak untuk terdorong ke jaringan. Makan makanan yang sehat, seimbang dan berolahraga dapat mengurangi selulit. 

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini