Stres Bisa Reda Hanya dengan Duduk di Alam Terbuka, Gampang Banget!

Ilmuwan menemukan cara gampang untuk meredakan stres. Apa itu?

Suara.Com
M. Reza Sulaiman | Yuliana Sere
Stres Bisa Reda Hanya dengan Duduk di Alam Terbuka, Gampang Banget!
Duduk dan bersantai di taman bisa redakan stres. (Sumber: Shutterstock)

Suara.com - Stres Bisa Reda Hanya dengan Duduk di Alam Terbuka, Gampang Banget!

Sedang pusing, bingung, dan gelisah karena stres? Pergi ke taman dan duduklah selama 20 menit.

Ya, ilmuwan mengatakan hanya dengan duduk minimal 20 menit di alam terbuka, kandungan hormon stres yang ada di tubuh Anda bisa turun.

Dikutip dari Himedik dari Newsweek, penelitian yang diterbitkan di jurnal Frontiers in Psychology mengatakan bersentuhan dengan alam adalah cara gampang menurunkan stres.

Para peneliti merekrut 36 orang yang tinggal di kota dan meminta mereka untuk menghabiskan waktu di ruang terbuka tiga kali seminggu selama setidaknya 10 menit.

Mereka melakukan ini selama delapan minggu. Para peserta bebas memilih kapan dan di mana ini dilakukan. Empat kali selama penelitian, subjek memberi sampel air liur mereka sebelum dan sesudah pengalaman mereka.

Peserta diminta untuk tidak terlibat dalam kegiatan yang dapat membuat mereka stres, termasuk pergi keluar di malam hari, berolahraga, menggunakan telepon, bercakap-cakap, atau membaca.

Hasilnya, tingkat kortisol dalam air liur peserta turun rata-rata 21,3 persen per jam setelah mereka menjalani kegiatan tersebut.

Ilustrasi taman. (Sumber: Shutterstock)
Duduk dan bersantai di taman bisa redakan stres. (Sumber: Shutterstock)

Penurunan 28 persen per jam dalam enzim alfa-amilase juga dicatat pada mereka yang paling tidak aktif dan duduk, atau duduk dan berjalan sedikit.

Manfaat berinteraksi dengan alam ini sudah dipromosikan oleh organisasi seperti program Mood Walks di Kanada dan program Alam Suci di AS.

Sementara itu, American Heart Association merekomendasikan bepergian ke luar rumah untuk menghilangkan stres dan kecemasan.

Para peneliti berharap penelitian mereka akan membantu kesehatan untuk meresepkan 'pil alami' secara akurat sebagai tindakan pencegahan dan pengobatan untuk gangguan mental.

MaryCarol Hunter, penulis utama studi dan profesor di Universitas Michigan, mengatakan, "Kita tahu bahwa menghabiskan waktu di alam mengurangi stres, tetapi sampai sekarang tidak jelas berapa banyak yang cukup, seberapa sering melakukannya, atau bahkan pengalaman alam macam apa yang akan menguntungkan kita."

"Studi kami menunjukkan bahwa untuk hasil terbesar, dalam hal menurunkan kadar hormon stres kortisol secara efisien, kamu harus menghabiskan 20 hingga 30 menit duduk atau berjalan di tempat yang memberi kamu perasaan alami," pungkasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini