5 Bahan Makanan yang Tak Boleh Dicuci, Ada Telur hingga Daging Ayam

Mencuci telur justru sama saja seperti menyebarkan bakteri yang menempel di cangkang telur.

Suara.Com
Vika Widiastuti
5 Bahan Makanan yang Tak Boleh Dicuci, Ada Telur hingga Daging Ayam
Ilustrasi mencuci daging ayam (Shutterstock)

Suara.com - Untuk alasan kebersihan, mayoritas orang pasti mencuci bahan makanan sebelum dimasak. Namun, tahukah ada beberapa bahan makanan yang sebaiknya tidak dicuci karena justru bisa menyebabkan penyebaran bakteri.

Beberapa bahan masakan memiliki cara tersendiri untuk dibersihkan sebelum mengolahnya jadi makanan lezat. Bukan menggunakan air, melainkan hanya dibersihkan pakai tisu atau sejenisnya.

HiMedik melansir dari brightside.com, mulai daging ayam hingga telur, berikut ini 5 makanan yang tidak boleh dicuci sebelum mengolahnya:

1. Telur

Biasanya orang selalu mencuci telur sebelum mengolahnya karena berniat untuk membersihkannya dari kotoran ayam yang masih menempel. Tetapi, mencuci telur justru sama saja seperti menyebarkan bakteri yang menempel di cangkang telur.

Selain itu, mencuci telur dengan air juga menghancurkan perlindungan bagian luar telur. Karena itu, kita cukup membersihkan telur menggunakan kain bersih atau tisu, jangan memakai air.

Mencuci 5 bahan makanan ini hanya akan menyebarkan bakteri yang membahayakan kesehatan (Pixabay/kropekk_pl)
Mencuci 5 bahan makanan ini hanya akan menyebarkan bakteri yang membahayakan kesehatan (Pixabay/kropekk_pl)

2. Daging ayam

Bakteri yang terdapat pada daging ayam segar memang berbahaya bagi kesehatan tubuh, apalagi bakteri salmonella. Karena itu, semua orang selalu mencucinya terlebih dahulu sebelum mengolahnya menjadi makanan lezat.

Padahal mencuci daging ayam dengan air sama saja menyebarkan atau memindahkan bakteri di daging ayam yang menempel di tangan kita di area wastafel. Apalagi jika setelah itu kita mencuci makanan lain, tentu saja akan terkontaminasi bakteri dari daging ayam sebelumnya.

Karena itu, seorang koki menyarankan cukup membersihkan daging ayam dengan cara merebusnya sebanyak dua kali sampai air mendidih.

3. Daging segar

Sama halnya dengan daging ayam, kita juga disarankan tidak mencuci daging sapi, kambing dan lainnya sebelum mengolah. Sebab langkah tersebut hanya memindahkan bakteri dari daging ke area wastafel yang bisa saja mencemari area atau bahan masakan lainnya.

Kita bisa membersihkan daging menggunakan serbet atau kain. Setelah itu kita harus mencuci tangan menggunakan sabun dan air hangat sampai bersih agar bakteri dari daging yang menempel di tangan tidak tersebar di tempat lain.

4. Pasta

Mencuci bahan pasta seperti makaroni sebelum mengolahnya juga bukan langkah yang baik. Langkah tersebut hanya akan menghilangkan zat tepung yang membantu menyerap saus lebih efektif.

Seorang koki justru menganjurkan untuk mencuci pasta setelah kita mengolahnya setengah matang agar tak menghilangkan atau merusak zat tepungnya.

5. Jamur

Mencuci jamur dengan air bukan langkah yang salah, tapi akan menjadi salah jika mencucinya tidak benar dan terlalu lama. Seperti yang diketahui, jamur termasuk bahan makanan yang mudah menyerap air.

Karena itu, kita harus cepat membilas dan mengeringkannya dengan handuk kertas sebelum terlalu lama terendam air karena akan merusak serta menghilangkan elastisitasnya. (HiMedik.com/Shevinna Putti Anggraeni)

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini