Catat, Alasan Penting Anda Harus Bersihkan Organ Kelamin Usai Bercinta

Pentingnya membersihkan organ kelamin usai bercinta, jangan disepelekan.

Suara.Com
M. Reza Sulaiman | Dinda Rachmawati
Catat, Alasan Penting Anda Harus Bersihkan Organ Kelamin Usai Bercinta
Ilustrasi Mandi usai bercinta. [shutterstock]

Suara.com - Catat, Alasan Penting Anda Harus Bersihkan Organ Kelamin Usai Bercinta

Peduli akan kebersihan genital mungkin adalah hal terakhir yang ada di pikiran Anda selama atau setelah sesi bercinta. Tetapi, tahukah Anda kebiasaan tidak mencuci penis atau vagina setelah berhubungan seks dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan kelamin?

Menurut sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam jurnal Immunity, bakteri spesifik yang ada di vagina Anda dapat memainkan peran dalam penularan HIV.

Dikutip dari The Health Site, penelitian menunjukkan bahwa perempuan yang vaginanya terinfeksi oleh spesies bakteri proinflamasi, empat kali lebih berisiko terkena HIV dibandingkan dengan mereka yang memiliki bakteri sehat di vagina.

Namun, terlepas dari HIV, ada berbagai masalah lain yang bisa terjadi, jika Anda tidak mencuci bagian sensitif Anda setelah bercinta. Inilah alasan penting mengapa Anda harus mencuci penis atau vagina Anda setelah berhubungan seks.

1. Menghindari penumpukan smegma

Smegma adalah penumpukan sel kulit mati, minyak dan berbagai cairan di ujung penis Anda atau di lipatan vagina Anda. Meskipun smegma tidak berbahaya, pembentukan yang berlebihan dapat menyebabkan iritasi dan infeksi.

Cuci alat kelamin Anda secara teratur untuk menghindari pembentukannya. Namun, jika mencuci secara teratur tidak membantu kondisi Anda, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda.

2. Mencegah infeksi

Setelah berhubungan seks, sejumlah semen akan terperangkap di bawah kulit khatan Anda yang dapat menyebabkan infeksi. Jadi mencuci alat kelamin Anda setelah bercinta itu penting untuk mengusir kuman.

Kebiasaan kebersihan pasca-koital yang buruk dapat menyebabkan infeksi jamur pada lelaki dan perempuan. Infeksi dapat menyebabkan bau tidak sedap disertai dengan rasa tidak nyaman seperti gatal dan sakit.

Gaya bercinta air terjun untuk penetrasi yang lebih dalam. (Shutterstock)
Organ kelamin harus dibersihkan usai bercinta. (Shutterstock)

3. Menghilangkan bau

Setelah bercinta dengan pasangan, keringat pada penis atau vagina Anda bisa membuat baunya sangat buruk. Jadi, Anda perlu mencuci dengan baik. Anda dapat mencoba dan menambahkan yogurt dalam diet, karena probiotik dalam yogurt akan menjaga keseimbangan pH Anda.

Juga, minum jus cranberry dapat membantu Anda mengurangi bau di bagian sensitif Anda karena sifat antioksidannya akan menghambat pertumbuhan bakteri. Namun, jika baunya tetap ada, itu bisa menjadi tanda infeksi yang tersembunyi dan Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda.

4. Mencegah kandidiasis vagina

Infeksi jamur ini terjadi ketika tingkat pH vagina Anda meningkat (membuatnya kurang asam). Keseimbangan pH meningkat setelah berhubungan seks karena penumpukan bakteri. Jadi bersihkan bakteri setelah beraksi.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini