Studi: Bakteri di Talenan Ternyata 200 Kali Lebih Banyak daripada di Toilet

Ketahui cara mencegah penyebaran bakteri di talenan!

Suara.Com
Vika Widiastuti | Yuliana Sere
Studi: Bakteri di Talenan Ternyata 200 Kali Lebih Banyak daripada di Toilet
Ilustrasi talenan kayu. (Shutterstock)

Suara.com - Talenan menjadi hal yang wajib ada di dapur. Namun, sadarkah kamu jika talenan juga bisa membuatmu sakit. Hal itu karena telanan menjadi tempat strategis untuk berkembang biaknya kuman dan bakteri

Talenan mungkin akan membuat seseorang jatuh sakit terlebih jika talenan memiliki goresan, noda atau jamur, dilansir HiMedik dari worldofbuzz.

Sebagian orang mungkin mengabaikan hal ini tanpa melihat bahwa ini bisa menyebabkan sakit perut, muntah, diare, dan masih banyak lagi.

Menurut penelitian, seperti dikutip oleh Public Health Malaysia, satu sentimeter persegi dapat mengandung lebih dari 24.000 bakteri. Ini sebenarnya 200 kali lebih banyak daripada dudukan toilet.

Meskipun talenan tua ini tidak aman dan tidak bersih, kebanyakan dari kita masih akan menggunakannya tanpa khawatir.

<p><a href="https://pixabay.com/id/photos/alpukat-cincang-board-memasak-telur-1838785/">Talenan. (Pixabay/Pexels)</a></p>

Talenan. (Pixabay/Pexels)

Sudut, celah dan goresan pada talenan adalah rumah favorit bagi bakteri seperti Salmonella, E. Coli dan banyak lagi. Seperti yang kita tahu, infeksi salmonella menyebabkan meningitis dan E. Coli telah dikaitkan dengan kanker.

Bagaimana kita mencegah hal ini?

Untuk menjaga agar talenanmu bersih, gunakan papan terpisah untuk daging dan sayuran mentah. Jika tidak, bakteri dari daging akan pindah ke buah dan sayuran segar.

Pastikan kamu tidak mencampur peralatan yang kamu gunakan untuk menyiapkan daging dan sayuran mentah. Hal ini juga untuk mencegah kontaminasi. 

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini