100 Mahasiswa Terbaik Jadi Duta Sehat Indonesia

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian ulang tahun Gerai Sehat Rorotan yang ke-4.

Suara.Com
Fabiola Febrinastri
100 Mahasiswa Terbaik Jadi Duta Sehat Indonesia
(kiri - kanan) Herdiansah (Direktur CSR Dompet Dhuafa), perwakilan mahasiswa, Titi Thongjen (General Manager PTTEP), Afiat Djajanegara (General Affairs Manager PTTEP), dan Rini Suprihartanti (Direktur DDSE). (Dok : Dompet Dhuafa)

Suara.com - Sebanyak 100 mahasiswa terbaik di sejumlah universitas di Indonesia menjadi Duta Sehat Indonesia. Mereka bergabung dalam upaya pembangunan kesehatan yang berkelanjutan, yang digagas PTT Exploration and Production Public Company Limited (PTTEP) dan Dompet Dhuafa.

Ke-100 mahasiswa tersebut berasal dari Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Universitas Trisakti, UIN Syarif Hidayatullah, dan UPN Veteran Jakarta. Semua mahasiswa ini dipilih dari sekitar 1000 peserta yang mendaftar.

"Kami memilih 100 mahasiswa terbaik untuk menjadi Duta Sehat Indonesia. Dari sekitar 1000 mahasiswa yang mendaftar, kami pilih 100 orang, yang nantinya akan dikirim dalam bentuk kuliah kerja nyata (KKN)," ujar Direktur CSR Dompet Dhuafa, Herdiansah.

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian ulang tahun Gerai Sehat Rorotan yang ke-4, yang juga didanai oleh PTTEP. Gerai Sehat Rorotan merupakan klinik pelayanan kesehatan cuma-cuma yang memiliki sejumlah program, baik yang bersifat promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitasi.

Menurut Herdiansah, target program Duta Sehat Indonesia adalah para mahasiswa fakultas kedokteran, kesehatan masyarakat, ilmu kesehatan dan gizi dari berbagai perguruan tinggi di Pulau Jawa. Mereka yang ikut serta akan terjun ke lapangan, misalnya Banten, Bogor, hingga Papua, untuk menghasilkan sejumlah data, analisa, dan solusi kongkrit bagi kesehatan masyarakat.

Pada kesempatan itu, General Affairs Manager PTTEP, Afiat Djajanegara, menambahkan, program Duta Sehat Indonesia merupakan bagian dari komitmen PTTEP untuk memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat. Ini merupakan tahun ke-4 kebersamaannya dengan Dompet Dhuafa.

Selain di Pulau Jawa, PTTEP juga memiliki program yang sama di pulau lainnya. Dalam waktu dekat, pihaknya juga akan merambah Indonesia bagian timur untuk membantu masyarakat meminimalisir gangguan stunting di beberapa daerah.

PTTEP merupakan perusahaan eksplorasi dan produksi minyak bumi nasional Thailand. Selain berkomitmen bagi kesehatan masyarakat, PTTEP juga memiliki sejumlah program bagi pendidikan masyarakat Indonesia.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini