Catat! Ini 7 Makanan yang Bermanfaat untuk Menguatkan Tulang

Ikan dengan tulang kecil yang dapat dimakan, seperti sarden dan salmon kaleng menyediakan sumber kalsium.

Suara.Com
Vika Widiastuti | Yuliana Sere
Catat! Ini 7 Makanan yang Bermanfaat untuk Menguatkan Tulang
Ilustrasi tahu. [Shutterstock]

Suara.com - Olahraga tak hanya membuat otot lebih kuat, tetapi juga bermanfaat untuk tulang. Namun, tentunya bukan itu saja. Melengkapi makanan dengan menu yang tepat juga merupakan pilihan terbaik untuk tulang lebih kuat.

Melansir dari mensjournal, berikut makanan yang bantu menguatkan tulang.

1. Susu

Bukan hal baru jika kandungan kalsium dalam susu bisa membuat tulang lebih kuat. Satu cangkir susu menyediakan 30 persen dari jumlah harian kalsium yang direkomendasikan dan 25 persen vitamin D.

Tambahkan susu ke smoothie pagi hari atau protein shake harian. Kamu bahkan dapat minum susu coklat setelah latihan untuk meningkatkan pemulihan otot.

2. Ikan sarden

Ikan dengan tulang kecil yang dapat dimakan, seperti sarden dan salmon kaleng menyediakan sumber kalsium dan bahkan vitamin D.

Beberapa ikan sarden datang dengan bonus tambahan yang menyediakan asam lemak omega-3 yang menyehatkan jantung. Tambahkan sayuran hijau favoritmu dengan ikan sarden kalengan atau salmon.

Ilustrasi ikan beku (Pixabay/Squirrel_photos)
Ilustrasi ikan beku (Pixabay/Squirrel_photos)

3. Tahu

Tahu yang dibuat dengan kalsium sulfat dapat menyediakan sekitar 15 persen dari jumlah kalsium harian yang direkomendasikan. Jumlah kalsium dapat bervariasi antar merek, jadi baca tabel nutrisi sebelum membeli.

4. Almond

Magnesium berperan dalam membangun tulang yang kuat dan sehat. Kacang-kacangan, seperti almond adalah sumber magnesium yang sangat baik dengan 1 ons (sekitar 23 almond), menyediakan 19 persen dari jumlah harian yang direkomendasikan. Almond juga menyediakan kalsium, kira-kira 7 persen dari rekomendasi harian.

5. Jus

Jika kamu bukan peminum susu, kamu bisa mendapatkan dosis kalsium dan vitamin D yang sehat melalui jus seperti jeruk, jeruk bali dan jus nanas. Batasi konsumsi jus satu cangkir per hari.

Jus sayur. (pixabay/PhotoMIX-Company)
Jus sayur. (pixabay/PhotoMIX-Company)

6. Sereal

Banyak sereal sarapan diperkaya dengan kalsium dan vitamin D, yang bekerja sama untuk menjaga tulang kuat. Pastikan untuk membaca label untuk memastikan serealmu mengandung nutrisi penting ini.

Nikmati semangkuk sereal dengan susu, yogurt Yunani, atau keju cottage untuk menambah asupan kalsium dan vitamin D Anda.

7. Tomat

Tomat segar atau kalengan adalah sumber kalium teratas. Satu cangkir tomat memberikan 10 persen dari jumlah kalium yang disarankan setiap hari. Tambahkan tomat segar ke telur dadar, gunakan saus tomat dalam cabai. 

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini