Peneliti Temukan Manfaat Kulit Ikan Nila Bagi Pengobatan Luka Bakar

Pengobatan luka bakar dengan kulit ikan nila juga diklaim lebih murah.

Suara.Com
Vania Rossa | Risna Halidi
Peneliti Temukan Manfaat Kulit Ikan Nila Bagi Pengobatan Luka Bakar
Ilustrasi ikan nila. (Shutterstock)

Suara.com - Sekelompok peneliti dari Federal University of Ceará di Brazil, menemukan manfaat menakjubkan dari kulit ikan nila atau tilapia.

Menurut peneliti, kulit ikan nila tersebut mampu memperbaiki luka bakar. Hal ini karena kulit ikan nila memiliki tingkat kolagen dan kemampuan melembapkan yang tinggi.

Ikan nila atau tilapia sendiri merupakan ikan air tawar yang hidup di aliran-aliran, kubangan, danau, dan sungai yang dangkal.

Lewat penemuan ini, peneliti percaya bahwa metode kulit ikan nila dapat menjadi pengobatan luka bakar lebih cepat dan mengurangi kemungkinan metode perawatan yang lebih menyakitkan.

Luka bakar biasanya memerlukan perawatan dengan matode yang mahal, seperti penggunaan kulit manusia atau kulit sintetis sebagai alternatif pengobatan.

Lewat pengobatan luka bakar menggunakan kulit ikan nila, biaya akan berkurang 75 persen daripada menggunakan krim luka yang biasa digunakan di Brazil.

Para peneliti berharap metode pengobatan luka bakar ini dapat menyebar ke seluruh dunia setelah percobaan klinis selesai.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini