Lagi Musim Hujan, Kemenkes Minta Masyarakat Waspadai Penyakit Ini

Kemenkes minta masyarakat waspadai penyakit ini karena musim hujan lho.

Suara.Com
Silfa Humairah Utami | Firsta Nodia
Lagi Musim Hujan, Kemenkes Minta Masyarakat Waspadai Penyakit Ini
Ilustrasi: musim hujan, Kemenkes minta masyarakat waspadai penyakit leptospirosis. (Shutterstock)

Suara.com - Lagi Musim Hujan, Kemenkes Minta Masyarakat Waspadai Penyakit Ini. 

Hujan lebat terus mengguyur Jakarta jelang sore hari. Umumnya hujan lebat yang terjadi dalam waktu singkat ini menimbulkan genangan bahkan banjir di wilayah-wilayah yang belum memiliki sistem saluran air yang memadai.

Nah saat muncul genangan inilah yang dikhawatirkan dapat menimbulkan penyakit yang bersumber hewan, salah satunya leptospirosis. Leptospirosis sendiri disebabkan oleh kencing tikus.

Disampaikan Kepala Pusat Penanggulangan Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan RI Achmad Yurianto, meski terkesan remeh-temeh, infeksi virus ini tak boleh dianggap sepele. Ia mengambil contoh, banjir di Sampang, Jawa Timur beberapa waktu lalu membuat sembilan orang meninggal dunia karena infeksi leptospirosis ini.

"Wilayah Jakarta Timur paling rentan sebagai tempat penularan leptospirosis ini. Pernah di Sampang, Jawa Timur saat banjir ada sembilan orang meninggal dunia karena penyakit vektor ini," ujar Yuri dalam temu media di Kementerian Kesehatan, Kamis (18/4/2019).

Gejala dari infeksi leptospirosis ini sendiri, kata Yuri meliputi demam tinggi, muntah, lemas, dan nyeri di otot betis, mata berwarna kekuningan. Jika tak segera ditangani, bukan tidak mungkin kata Yuri, infeksi ini bisa berkembang menjadi penyakit kronis.

"Penyakit ini tidak boleh diabaikan. Pencegahannya tentu pola hidup bersih dan sehat. Hindari bermain di genangan air saat banjir karena musim hujan atau gunakan alas sepatu untuk menghindari infeksi secara langsung," tandas dia.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini