Studi : Sumpah Serapah Ternyata Baik untuk Kesehatan

Eits, jangan telan mentah-mentah dulu, dibaca baik-baik riset soal memaki dan sumpah serapah yang dibilang baik untuk kesehatan ini.

Suara.Com
Ade Indra Kusuma | Firsta Nodia
Studi : Sumpah Serapah Ternyata Baik untuk Kesehatan
Ilustrasi perempuan sedang sumpah serapah alias mengumpat kepada pasangannya. (Shutterstock)

Suara.com - Studi : Ucapkan Sumpah Serapah Ternyata Baik untuk Kesehatan

Sumpah serapah atau mengumpat seringkali dilakukan ketika kita merasa kesal. Meski dapat menyakiti orang lain ternyata mengucapkan sumpah serapah baik untuk kesehatan lho.

Hal ini diungkapkan melalui penelitian yang dilakukan Dr. Richard Stephens dan tim. Menurut temuannya mengumpat dapat membantu mengurangi rasa sakit dan menurunkan tingkat stres.

Mengutip Nypost, untuk mengarah pada kesimpulan ini, Richard yang merupakan dosen senior bidang psikologi di Keele University ini memaksa 67 siswa untuk mandi dalam cuaca dingin. Mereka dibagi dalam dua kelompok.

Kelompok pertama diminta untuk mengumpat selama menahan dingin yang menusuk. Sementara kelompok kedua hanya diizinkan mengucapkan kata-kata netral. Dr. Richard Stephens menemukan bahwa mengumpat meningkatkan ambang rasa sakit murid-muridnya hampir 50 persen.

Rata-rata, siswa dapat mentolerir rasa sakit selama hampir dua menit ketika mengumpat tetapi hanya satu menit 15 detik ketika mereka tidak melakukannya.

Hasilnya? NEXT

Selanjutnya chevron_right

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini