2 Kesalahan Pola Asuh yang Sering Dilakukan Orangtua Zaman Now

Banyak orangtua tak sadar tularkan energi negatif.

Suara.Com
Ade Indra Kusuma | Firsta Nodia
2 Kesalahan Pola Asuh yang Sering Dilakukan Orangtua Zaman Now
ilustrasi orangtua sibuk dengan pekerjaan [shutterstock]

Suara.com - Dua Kesalahan Pola Asuh yang Sering Dilakukan Orangtua Zaman Now

Orangtua di zaman now memiliki beragam tantangan dalam mengasuh anak. Terlebih, perempuan di zaman now tak hanya berperan sebagai istri dan ibu, namun juga wanita karir.

Itu sebabnya menurut Chitra Annisya, M.Psi selaku Psikolog Anak dari Tiga Generasi ada beberapa kesalahan yang dilakukan orangtua zaman now dalam mengasuh buah hatinya.

Pertama kata dia adalah menularkan energi negatif yang dirasakan orangtua sepulang kerja pada si kecil. Menurut Chitra sebagian besar orangtua tak sadar bahwa pengalaman negatif yang ditemuinya saat berada di luar rumah bisa mempengaruhi tumbuh kembang si kecil.

"Pulang kantor macet, sampai rumah masih ada bau-bau jalanan macet, stres, terus main sama anak. Akibatnya anak kena cipratan energi negatif yang ada di luar sehingga anak terpapar energi yang buruk," ujar Chitra di sela-sela temu media Zwitsaland di Gandaria City, Sabtu (20/4/2019).

Chitra Annisya, M.Psi - psikolog anak [Suara.com/Firsta]
Chitra Annisya, M.Psi - psikolog anak [Suara.com/Firsta]

Menurut Chitra, orangtua sebaiknya harus lebih peka. Jangan sampai ikatan emosional dengan anak terganggu. Ia mengimbau agar orangtua menyiapkan diri terlebih dulu untuk hadir sepenuhnya bersama anak dengan membersihkan diri terlebih dulu atau makan malam sebelum menghabiskan waktu bersama si kecil.

"Sampai di rumah orangtua bisa cuci muka dulu, makan dulu, sehingga kondisi saat bersama anak lebih optimal. Anak juga merasa oh ayah dan ibu benar-benar fokus ke saya," imbuhnya.

Selanjutnya kesalahan lain yang juga kerap dilakukan para orangtua adalah bermain gawai saat sedang bersama si kecil. Hal ini membuat orangtua tak sepenuhnya fokus saat bersama si kecil. Sehingga meski fisik bersama anak, namun orangtua tak maksimal dalam memberikan perhatiannya.

"Jangan bermain gadget karena orangtua jadinya tidak hadir fokus untuk anak. Asyik dengan gadget sendiri atau sambil mengurusi kerjaan lain itu fisik disitu tapi pikiran nggak sama anak," tandasnya. 

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini