Studi: Minum Air Putih Bisa Tekan Konsumsi Soda dan Minuman Ringan

Studi terkini menemukan cara mudah agar Anda mengurangi minuman ringan.

Suara.Com
M. Reza Sulaiman
Studi: Minum Air Putih Bisa Tekan Konsumsi Soda dan Minuman Ringan
Minum air bantu kurangi keinginan minum minuman ringan. (Shutterstock)

Suara.com - Studi: Minum Air Putih Bisa Tekan Konsumsi Soda dan Minuman Ringan

Soda dan minuman ringan memiliki banyak gula dan kalori yang tinggi. Terlalu banyak minum soda dan minuman ringan berisiko membuat Anda mengalami obesitas, diabetes tipe 2, dan sederet penyakit metabolik lainnya.

Nah, studi terkini menemukan cara mudah agar keinginan minum soda dan minuman ringan tak lagi muncul. Caranya, dengan mencukupi kebutuhan air dengan rutin minum air putih.

Penelitian dilakukan kepada lebih dari 8.400 anak dan remaja dengan rata-rata usia 11 tahun. Sebelum penelitian dilakukan, partisipan biasa mengonsumsi 132 kalori tambahan dari soda dan minuman ringan lainnya dalam sehari.

Minuman ringan tinggi kalori dan gula. (Shutterstock)
Minuman ringan tinggi kalori dan gula. (Shutterstock)

Hasil penelitian menunjukkan dengan menambah jumlah air putih yang diminum, kalori tambahan yang didapat berkurang menjadi 112 kalori sehari.

Jika kebutuhan air minum tak dipenuhi, kalori tambahan yang didapat sangat tinggi, mencapai 210 kalori perharinya.

Pemimpin studi Asher Rosinger dari Water, Health, Nutrition Laboratory di Pennsylvania State University, mengatakan mencukupi kebutuhan minum air menurunkan jumlah kalori tambahan hingga 93 kalori.

"Penelitian ini penting karena konsumsi minuman ringan manis dan bersoda dikaitkan dengan banyak masalah kesehatan, termasuk risiko obesitas, gigi yang rusak, dan diabetes tipe 2," ujarnya, dilansir Reuters.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini