Sutopo Sarankan Ani Yudhoyono Konsumsi Ikan Gabus, Ini 5 Manfaatnya!

Sutopo membagikan resepnya agar selalu kuat menjalani kemoterapi dengan mengonsumsi sejumlah makanan sehat.

Suara.Com
Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni
Sutopo Sarankan Ani Yudhoyono Konsumsi Ikan Gabus, Ini 5 Manfaatnya!
Ani Yudhoyono. (Instagram/@aniyudhoyono).

Suara.com - Kapusdatin dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho sempat menyarankan istri Susilo Bambang Yudhoyono, Ani Yudhoyono untuk mengonsumsi beberapa makanan.  Salah satu menu makanan yang disarankannya adalah ikan gabus yang dinilai tinggi kandungan protein.

Ia menyarankan konsumsi ikan gabus itu melalui instagram pribadinya setelah muncul kabar kondisi terkini Ani Yudhoyono. Sutopo menyoroti prihal efek samping yang dirasakan Ani Yudhoyono setelah melalui sejumlah tahapan kemoterapi.

Sutopo membenarkan dan paham betul efek samping kemoterapi yang membuat daya tahan tubuh menurun hingga hilang nafsu makan sebagai sesama pejuang kanker. Karena itu Sutopo membagikan resepnya agar selalu kuat menjalani kemoterapi dengan mengonsumsi sejumlah makanan sehat, termasuk ikan gabus.

"Untuk mengurangi efek kemoterapi itu, perbanyak minum jus buah naga, bit dan buah lainnya. Minum air putih yang banyak untuk melarutkan cairan kemo di tubuh. Makan ikan gabus atau yang protein tinggi. Minum penambah nafsu makan. Coba untuk meditasi untuk menenangkan hati," tulis Sutopo di instagramnya @sutopopurwo, Rabu (17/4/2019).

HiMedik melansir dari steemit.com, ikan gabus termasuk ikan dengan kandungan protein tinggi dibanding ikan lainnya yang baik bagi kesehatan tubuh.

Meskipun sekilas terlihat seperti ikan lele, ikan gabus memiliki keistimewaan tersendiri yang membuatnya lebih bermanfaat bagi sejumlah penyakit. Adapun 5 manfaat konsumsi ikan gabus bagi tubuh dan sejumlah penyakit.

Sutopo Purwo Nugroho sarankan Ani Yudhoyono makan ikan gabus (Instagram/@sutopopurwo)
Sutopo Purwo Nugroho sarankan Ani Yudhoyono makan ikan gabus (Instagram/@sutopopurwo)

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Ikan gabus dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh seseorang agar tidak mudah terserang penyakit akibat virus atau cuaca.

Karena itu, ikan gabus sangat baik dikonsumsi seseorang dengan daya tahan tubuh rendah sekaligus guna meningkatkan nutrisi dalam tubuh.

2. Mempercepat penyembuhan luka setelah operasi

Konsumsi ikan gabus juga membantu mempercepat penyembuhan luka setelah operasi.

Selain itu, ikan ini juga membantu pembentukan sel-sel dan jaringan baru dalam tubuh yang rusak akibat tindakan operasi.

3. Memperbaiki gizi

Cukup dengan mengonsumsi ikan gabus 100 gram saja bisa membantu memperbaiki gizi anak-anak, wanita hamil atau orang dewasa.

Karena, 100 gram ikan gabus sudah cukup memenuhi berbagai kebutuhan nutrisi pada tubuh yang penting bagi kesehatan, terutama anak kecil.

4. Penyembuhan berbagai penyakit

Ikan gabus yang kaya nutrisi juga membantu proses penyembuhan berbagai macam penyakit lebih cepat, seperti hepatitis, infeksi paru-paru, tipus, diabetes, kardiovaskular dan lain sebagainya.

5. Menjaga keseimbangan cairan

Ikan gabus juga dipercaya mampu menyeimbangkan cairan dalam tubuh yang berfungsi menjaga stabilitas cairan dalam tubuh. Apabila cairan dalam tubuh menurun, maka protein yang masuk ke dalam tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik.

Karena itu, seseorang dianjurkan mengonsumsi ikan gabus guna memenuhi kebutuhan zat albumin yang normalnya harus mencapai 60%.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini