Migrain? Jangan Buru-Buru Minum Obat, Atasi dengan Pijat di Titik Ini

Pijat sifatnya adalah melengkapi pelayanan kesehatan konvensional

Suara.Com
Ade Indra Kusuma | Firsta Nodia
Migrain? Jangan Buru-Buru Minum Obat, Atasi dengan Pijat di Titik Ini
Ilustrasi Migrain [shutterstock]

Suara.com - Migrain? Jangan Buru-Buru Minum Obat, Atasi dengan Pijat di Titik Ini.

Migrain atau sakit kepala sebelah tampaknya menjadi salah satu gangguan kesehatan yang umum dialami banyak orang. Kondisi ini sendiri umumnya dipicu kelelahan berat hingga pikiran yang menumpuk sehingga menyebabkan aliran darah di otak meningkat.

Nah jika selama ini Anda mencoba mengatasi migrain dengan mengonsumsi obat-obatan maka kini cobalah melakukan cara alami seperti pijat akupresur hingga mengonsumsi ramuan herbal yang bisa Anda buat sendiri.

Disampaikan IR Iga Putri Mahadewi, M.Kes selaku Kepala UPTD Kestrad Dinas Kesehatan Provinsi Bali, aturan mengenai pengobatan tradisional sudah tercantum dalam peraturan menteri kesehatan tentang kesehatan tradisional.

Sifatnya adalah melengkapi pelayanan kesehatan konvensional dengan tujuan menyehatkan masyarakat.

"Kenapa ada UPTD ini karena dulu Bali menghabiskam anggaran besar hingga Rp 480 Miliar setahun untuk membayar orang sakit. Padahal kalau diperbaiki di hulu lewat promotif preventif angkanya bisa ditekan. Jadi ini upaya kami di hulu," ujar Dewi di sela-sela Kunjungan Lapangan Tematik bersama Kementerian Kesehatan di Bali, Kamis (25/4/2019).

Di UPTD Kestrad ini, kata Dewi pihaknya memberikan pelayanan kesehatan tradisional meliputi akupresur, akupuntur, yoga, Bali body massage plus scrub untuk membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan mulai dari migrain, asma, perut kembung, nyeri haid, susah tidur, hingga pemulihan setelah sakit.

Dalam kesempatan yang sama, I Wayan Sukeria, SKM selaku Trainer Pelayanan Kesehatan Tradisional memeragakan cara mengatasi migrain lewat tindakan akupresur.

Ia mengatakan ada empat titik tubuh yang harus Anda tekan untuk meredakan migrain secara alami.

Lalu bagian mana saja yang harus dipijat? Geser ke halaman selanjutnya.

Selanjutnya chevron_right

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini