Mendongeng untuk si Kecil Mampu Tingkatkan Bonding Time Ibu dan Anak

Dongeng mampu meningkatkan berbagai aspek tumbuh kembang anak.

Suara.Com
Ade Indra Kusuma | Vessy Dwirika Frizona
Mendongeng untuk si Kecil Mampu Tingkatkan Bonding Time Ibu dan Anak
Ilustrasi ibu mendongeng [shutterstock]

Suara.com - Mendongeng untuk si Kecil Mampu Tingkatkan Bonding Time Ibu dan Anak.

Mendongeng bukan sesuatu yang baru. Dongeng identik dengan dunia anak. Jika dibacakan oleh ibu kepada buah hatinya, memiliki manfaat yang sangat banyak.

Psikolog Anak, Vera Itabiliana mengatakan, membacakan dongeng dapat menguatkan bonding time antara ibu dengan anak. Tentunya kegitan mendongeng juga meningkatkan berbagai aspek tumbuh kembang anak.

"Kegiatan membaca dongeng dapat meningkatkan dan mempererat ikatan ibu dan anak. Selama dongeng dibacakan maka akan mempengaruhi perkembangan sosial, emosi, maupun kognitif anak," ungkap Vera saat ditemui Suara.com dalam acara  Dukung Gerakan Ibu Bangsa Membaca oleh Nivea, Kamis (2/4/2019), di Perpustakaan Nasional RI Jakarta Pusat.

Di samping itu, psikolog jebolan Universitas Indonesia ini menyinggung soal penggunaan gawai bagi anak yang sering kali berdampak negatif. Oleh karenanya Vera menyarankan agar penggunaan gawai bisa dipergunakan untuk membacakan dongeng, agar tetap memberi manfaat bonding bagi ibu dan si buah hati.

"Anak-anak zaman sekarang sudah sangat mengenal gawai sejak masih kecil. Sebenarnya, selama digunakan dengan benar, gawai bisa dimanfaatkan untuk kebaikan," paparnya

Saat membacakan dongeng dengan gawai misalnya, sambung Vera, ibu sebaiknya tetap menemani anak, menciptakan interaksi dengan anak dan mengajaknya menikmati membaca dongeng bersama. 

"Jangan lupa, berikan anak sentuhan ibu dengan mendongeng, memangku, atau membelai untuk meningkatkan kelekatan dengan anak," tutup Vera.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini