Punya Asam Urat Seperti Raffi Ahmad, Benarkah Tak Boleh Makan Ayam?

Ayam merupakan makanan tinggi purin, yang sebaiknya dihindari pengidap asam urat.

Suara.Com
M. Reza Sulaiman | Shevinna Putti Anggraeni
Punya Asam Urat Seperti Raffi Ahmad, Benarkah Tak Boleh Makan Ayam?
Ayam goreng tinggi purin dan tidak baik untuk asam urat. (Shutterstock)

Suara.com - Punya Asam Urat Seperti Raffi Ahmad, Benarkah Tak Boleh Makan Ayam?

Video terbaru dari Youtube Rans Entertainment memperlihatkan keengganan Raffi Ahmad untuk makan buncis buatan Nagita Slavina karena ia mengidap asam urat, dan lebih memilih menu ayam.

Dalam kesempatan yang sama, Nagita Slavina juga menyebut Raffi Ahmad sangat menyukai ayam. Padahal dilansir Himedik dari Livestrong, ayam merupakan salah satu menu makanan yang tinggi purin dan sebaiknya dihindari pengidap asam urat.

The University of Pittsburg Medical Center menyatakan penderita asam urat hanya bisa menerima 6 ons protein yakni makanan yang tinggi purin seperti ayam.

Artinya, bukan berarti penderita harus menghindari makan ayam karena bisa menyebabkan asam urat. Melainkan membatasinya agar tak terlalu banyak mengonsumsi ayam dalam sehari.

Ilustrasi radang sendi, asam urat, nyeri sendi. (Shutterstock)
Ilustrasi asam urat yang menyerang sendi (Shutterstock)

Penderita asam urat juga disarankan minum air putih yang banyak setelah dan sebelum mengonsumsi ayam. Karena, asupan cairan yang cukup pada tubuh mampu mencegah penumpukan asam urat di persendian.

Selain itu, penderita asam urat juga tidak bisa sembarangan mengonsumsi semua bagian daging ayam. Sebab, mereka disarankan untuk mengonsumsi bagian daging ayam yang ramping dan tidak memiliki banyak lemak.

Hal ini bisa jadi perhatian Raffi Ahmad, yang disebutkan Nagita Slavina bisa mengonsumsi hingga 10 potong ayam sendirian.

Duh, Raffi Ahmad jangan kebanyakan makan ayam ya jika tak ingin asam uratnya kambuh.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini