Jangan Salah, Nyeri Dada Bukan Satu-Satunya Gejala Serangan Jantung

Serangan jantung seringkali tidak diawali dengan nyeri dada mendadak dan pingsan, seperti adegan di film.

Suara.Com
Vania Rossa
Jangan Salah, Nyeri Dada Bukan Satu-Satunya Gejala Serangan Jantung
Ilustrasi serangan jantung. (Sumber: Shutterstock)

Suara.com - Serangan jantung memiliki banyak gejala, sehingga mungkin beberapa gejala tak disadari oleh penderitanya. Beberapa gejala serangan jantung bahkan tidak terjadi di dada. Dan gejalanya mungkin sudah terjadi sejak beberapa hari sebelumnya.

Melansir dari laman www.heart.org, inilah gejala lain dari serangan jantung yang perlu Anda tahu.

1. Merasa sangat lelah
Bila Anda merasa selalu lelah dalam beebrapa hari belakangan, jangan disepelekan. Bisa jadi rasa lelah yang Anda rasakan adalah salah satu gejala penyakit jantung. Dan gejala ini biasanya kerap terjadi pada pasien perempuan.

Ketika terjadi serangan jantung, aliran darah ke jantung menurun, sehingga otot jantung mengalami ketegangan ekstra yang akan membuat kita kelelahan. Untuk memastikannya, Anda bisa berkonsultasi ke dokter dan melakukan tes aktivitas jantung dengan Electrocardiogram (EKG).

2. Sering sesak napas
Fungsi jantung yang tidak normal bisa berdampak pada kelancaran aliran darah, dan membuat Anda merasa sesak napas karena kekurangan oksigen. Anda bisa saja bangun tiba-tiba di malam hari akibat sesak napas, yang dalam istilah medis disebut dengan nocturnal dyspnea, kondisi sesak napas dan batu-batuk yang terjadi di malam hari.

3. Pusing
Pusing dirasakan sebagai sensasi melayang seperti akan pingsan, kepala terasa berat, badan lemas, dan penglihatan menjadi kabur, itu semua bisa menjadi gejala awal penyakit jantung. Jika Anda merasakan semua gejala di atas, terlebih jika berlangsung berkali-kali, segeralah konsultasikan hal ini dengan dokter.

4. Sakit di punggung dan lengan
Rasa nyeri yang dirasakan saat serangan jantung tak selalu berasal dari dada, tapi juga pada bagian punggung maupun lengan. Bahkan, rasa sakit di punggung dan lengan seringkali tidak diikuti nyeri dada. Itu sebabnya banyak orang mengabaikannya dan tidak menganggap sakit punggung dan lengan sebagai gejala serangan jantung. Beberapa bahkan ada yang mengalaminya saat berolahraga, sehingga berasumsi sakit itu gara-gara olahraga (keseleo).

5. Mual dan muntah
Mual, muntah, atau perut tegang juga bisa jadi gejala serangan jantung. Gejala ini banyak terjadi pada perempuan. Tapi, banyak perempuan mengabaikannya, menganggap masalah perut ini karena faktor makanan. Untuk memastikannya, berkonsultasilah ke dokter.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini