Ketahui, 5 Cara Rokok Merusak Kehidupan Seksual Anda dan Pasangan

Rokok juga bisa berdampak buruk bagi organ vital, termasuk alat kelamin!

Suara.Com
M. Reza Sulaiman | Dinda Rachmawati
Ketahui, 5 Cara Rokok Merusak Kehidupan Seksual Anda dan Pasangan
Merokok bisa pengaruhi kehidupan seksual Anda dan pasangan. (Shutterstock)

Suara.com - Ketahui, 5 Cara Rokok Merusak Kehidupan Seksual Anda dan Pasangan

Dampak buruk merokok sudah sering dikaitkan dengan paru-paru, jantung, bahkan kulit.

Ternyata, rokok juga bisa berdampak buruk bagi organ vital, termasuk alat kelamin Anda yang pada gilirannya akan mempengaruhi kehidupan seks.

Saat merokok, aliran darah ke alat kelamin akan berkurang, sehingga menghambat kinerja seksual. Nah, apa saja dampak buruk merokok terhadap kehidupan seks? Berikut daftarnya seperti yang dilansir The Health Site.

1. Ejakulasi dini

Merokok berpotensi mengurangi waktu rata-rata ejakulasi pada lelaki dengan melemahkan otot-otot di daerah genital. Pada perempuan, ini dapat mengurangi kemampuan mereka untuk mengalami sensasi di daerah genital.

Ejakulasi dini bisa disebabkan karena kebiasaan merokok. (Shutterstock)
Ejakulasi dini bisa disebabkan karena kebiasaan merokok. (Shutterstock)

Merokok juga dapat memengaruhi proses gairah Anda secara negatif. Ini adalah salah satu cara kehidupan seks Anda menjadi berantakan jika Anda merokok.

2. Hasrat seks menurun

Merokok membuat lelaki dan perempuan kehilangan hasrat dalam berhubungan seks dengan memengaruhi kadar testosteron mereka. Testosteron adalah hormon yang bertanggung jawab untuk meningkatkan pertumbuhan otot dan menjaga libido pada lelaki maupun perempuan.

Hasrat seks menurun karena kebiasaan merokok. (shutterstock)
Hasrat seks menurun karena kebiasaan merokok. (shutterstock)

Merokok meningkatkan kadar karbon monoksida dalam tubuh yang mengurangi kadar testosteron. Ini, pada gilirannya, berdampak pada libido dan kehidupan seks Anda.

3. Disfungsi ereksi

Jika Anda tidak dapat ereksi saat bersama pasangan, hal itu dapat mengurangi rasa percaya diri Anda dan berkontribusi pada masalah hubungan. Merokok juga berperan di sini.

Nikotin rokok Anda dapat menyumbat pembuluh darah dan arteri yang ada di alat kelamin dan membatasi aliran darah ke organ-organ ini.

Disfungsi ereksi karena dampak merokok. (Shutterstock)
Disfungsi ereksi karena dampak merokok. (Shutterstock)

Aliran darah yang terbatas ke penis menyebabkan disfungsi ereksi. Merokok juga dapat mengurangi jumlah oksida nitrat pada lelaki, senyawa yang memainkan peran penting dalam ereksi.

Pada perempuan, merokok dapat menyebabkan pelumasan yang tidak tepat pada daerah vulva membuat hubungan seksual menjadi proses yang sulit.

4. Memicu radang klitoris

Klitoris adalah bagian paling sensitif dari alat kelamin perempuan yang memainkan peran penting dalam orgasme. Namun, merokok berpotensi menyebabkan peradangan menyakitkan di klitoris, membuatnya kehilangan sensitivitas.

Ilustrasi kesehatan reproduksi perempuan, vagina.
Ilustrasi kesehatan reproduksi perempuan, vagina. (shutterstock)

5. Kinerja seksual

Tidak hanya merokok berlebihan, kebiasaan ini dalam jumlah sedang juga bisa membuat malapetaka bagi kehidupan seks Anda. Ini akan mengurangi stamina Anda untuk tinggal cukup lama di tempat tidur bersama pasangan Anda.

Bahan kimia berbahaya dalam rokok dapat menurunkan kemampuan otot pangkal paha dan daerah kemaluan laki-laki untuk diregangkan dalam waktu lama, membuatnya tidak efektif saat berhubungan seks.

Selain itu, merokok mempengaruhi kapasitas pernapasan Anda. Ini juga dapat menggagalkan kinerja seksual Anda.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini