Ada Susu Sapi yang Mengandung Protein Mirip ASI

Susu sapi dengan protein yang mirip ASI ini tidak akan menyebabkan mual, kembung, dan diare.

Suara.Com
Vania Rossa | Firsta Nodia
Ada Susu Sapi yang Mengandung Protein Mirip ASI
Ilustrasi minum susu. [shutterstock]

Suara.com - Tahukah Anda bahwa susu sapi terdiri dari dua jenis berdasarkan kandungan proteinnya? Ya, disampaikan ahli gizi dr. Rizal Alaydrus, MSc., susu sapi terdiri dari dua jenis, yakni A1 dan A2. Umumnya, kata dia, susu sapi memiliki kandungan protein A1 serta protein A2 dengan rasio 40 persen dan 60 persen.

Namun, saat ini, banyak sapi yang menghasilkan kandungan protein A1 karena adanya mutasi genetik. Adapula susu sapi yang hanya mengandung protein A2 yang didapat dari proses seleksi alami dengan melalui seleksi tes DNA, tanpa rekayasa genetik.

Lalu, mana yang lebih baik? Dr. Rizal mengatakan pada umumnya semua susu sapi baik. Tapi umumnya susu protein A1 lebih mudah menyebabkan gejala mual, kembung, dan diare karena kandungan beta casein A1 dalam susu yang bereaksi dengan protein lainnya di dalam pencernaan. Gejalanya pun menyerupai intoleransi terhadap laktosa.

"Bukan berarti susu dengan protein A1 tidak baik. Hanya saja, jika ingin nutrisi lebih mudah diserap dan tidak menimbulkan mual, baiknya konsumsi susu sapi A2. Karena kebutuhan tiap orang berbeda," ujar dr. Rizal dalam temu media 'MaKIN Nyaman saat Ramadan' di Jakarta, Kamis (17/5/2019).

Ia pun mengatakan bahwa susu sapi A2 menyerupai human milk atau ASI karena kandungannya yang lebih mudah dicerna dibandingkan susu sapi A1. Itu sebabnya, mengonsumsi susu sapi A2 umumnya tidak mendatangkan gejala seperti mual, kembung, hingga diare.

Dalam kesempatan yang sama, Tiffany Pratiwi Suwandi, Brand Manager KIN, mengatakan bahwa KIN Fresh Milk adalah produk yang berasal dari 100 persen susu segar sapi A2. Sapi A2 adalah sapi yang telah diseleksi khusus melalui tes DNA yang menghasilkan susu dengan kandungan protein A2, yaitu senyawa protein alami pada susu sapi yang mudah dicerna tubuh, sama seperti komposisi protein dalam ASI.

"Sehingga konsumen dapat menikmati manfaat KIN Fresh Milk dengan nyaman tanpa khawatir akan merasa mual atau kembung, sebagai minuman untuk berbuka puasa," tandasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini