Cemas Donornya Gay, Artis Ini Tolak Transplantasi Hati dan Tuai Kontroversi

Vicente Fernandez menghadapi tuduhan homofobia.

Cemas Donornya Gay, Artis Ini Tolak Transplantasi Hati dan Tuai Kontroversi
Ilustrasi lelaki penyuka sesama jenis. (Shutterstock)

Suara.com - Dalam sebuah wawancara baru-baru ini, penyanyi sekaligus aktor Meksiko Vicente Fernandez mengatakan dirinya menolak transplantasi hati karena khawatir donornya gay alias penyuka sesama jenis atau pecandu narkoba. Pernyataan ini tak ayal langsung memicu kontroversi.

Pria 79 tahun itu membuat pernyataan tersebut saat membahas kesehatannya di acara TV Meksiko De Primera Mano pada 2 Mei 2019 lalu. Ucapannya pun dinilai mengarah ke homofobia, seperti diberitakan PinkNews, Kamis (16/5/2019) kemarin.

Dalam wawancara itu, Fernandez menceritakan pernah didiagnosis kanker hati saat sedang tur di Houston, Texas. Dia kemudian menghentikan tur tapi menolak tawaran dokter untuk transplantasi hati setelah tim medis menemukan donor yang cocok.

"Saya tidak akan tidur di sebelah istri saya dengan hati lelaki lain," kata Fernandez, menirukan perkataannya sendiri kala itu kepada para dokter. "Saya tidak tahu apakah dia gay atau pecandu narkoba."

Ilustrasi penyakit hati / penyakit liver. (shutterstock)
Ilustrasi penyakit hati / penyakit liver. (shutterstock)

Fernandez melanjutkan, saat itu dia langsung meninggalkan rumah sakit. Meski begitu dia akhirnya tetap dioperasi dan sekarang kesehatannya sudah lebih baik.

Pernyataan Fernandez kemudian membuat kegemparan di seluruh Amerika Latin. Ia dituduh memiliki homofobia atau fobia terhadap hubungan sesama jenis.

Putra Fernandez, Vicente Fernandez Jr pun mengeluarkan pernyataan untuk membela ayahnya dari tuduhan homofobia.

ilustrasi homoseksual.
ilustrasi homoseksual.

"Ayah saya tidak mengatakan apa-apa tentang menjadi homofobik," katanya di surat kabar Meksiko El Universal yang terbit pada Rabu (8/5/2019) pekan lalu. "Satu-satunya hal yang dia katakan adalah bahwa dia tidak akan pernah tidur dengan hati orang lain."

Fernandez Jr juga mengklarifikasi, ayahnya menolak transplantasi karena tidak ingin menderita konsekuensi kesehatan bawaan donor.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini